Pemkot Ajak Masyarakat Kelola Bank Sampah

Iman/ BE – Wawali Dedy Wahyudi saat meresmikan bank sampah dan kampung hidroponik di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu, Selasa (23/11).

BENGKULU bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu mengajak masyarakat lebih memanfaatkan sampah rumah tangga. Ajakan tersebut didukung melalui program bank sampah di Dinas Lingkungan Hidup
(DLH) kota Bengkulu. DLH menargetkan akan ada bank sampah di setiap kelurahan di Kota Bengkulu.

Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi saat meresmikan bank sampahdan kampung hidroponik di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu, Selasa (23/11) mengatakan, bank sampah mempunya beberapa manfaat jika disortir dengan baik antara organik dan non organik. Sampah organik bisa menjadi pupuk, sedangkan nonorganik sebagian bisa bernilai ekonomi.

“Ya kita harapkan antusias dari masyarakat dalam menghidupkan program ini,” kata Dedy Wahyudi.

Nanti sampah dari rumah tangga dipilah, organik dan nonorganik. Jadi tak semua sampah rumah tangga itu dibuang ke TPA. Ada yang jadi pupuk, ada yang bisa dijual dan baru sisanya dibuang ke TPA.

“Jadi volume sampah di TPA kan bisa berkurang,” jelas Wawali.

Ditargetkan pada tahun depan seluruh kelurahan di Kota Bengkulu sudah memiliki bank sampah. Masyarakat juga akan didampingi oleh LPM dalam pengelolaan sampah agar bisa bekerjasama kepada masyarakat. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*