Pemkab Mukomuko Gelar Lomba Bertutur Tingkat Pelajar SD

 

                           

 

 

 

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah menggelar lomba Bertutur tingkat pelajar SD sederajat, Selasa (29/3) bertempat di halaman kantor Dinas tersebut.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk meningkatkan minat baca para pelajar, menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan sejarah daerah, serta mengasah mental para pelajar di daerah ini. Sebagaimana tema yang diangkat “Membangun generasi muda, ceria gemar membaca, serta menumbuhkan karakter anak melalui kecintaan terhadap budaya”.

Bagi juara 1, nanti akan dikirim ke lomba Bertutur tingkat Provinsi Bengkulu. Dan jika menang lagi di tingkat provinsi, peserta akan dikirim lomba ke tingkat nasional.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri. Dalam sambutannya ia mengatakan menyambut baik kegiatan lomba Bertutur ini. Menurut Wabup, kegiatan ini bisa menumbuhkan minta baca, sebab, sebelum bertutur, peserta harus membaca dulu menyusun materi. Kemudian, materi yang diangkat mengenai sejarah dan budaya daerah, secara tidak langsung mereka menjadi tahu karena telah membaca.

“Kami berharap lomba ini bisa lebih meriah lagi kedepan. Kemudian nanti yang juara, saya minta kepada Dinas Kearsipan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk guru untuk terus membina dan melatih. Sebab yang menang akan dikirim ke Bengkulu. Muda-mudahan nanti anak kita bisa mewakili Bengkulu ke tingkat nasional,” sampainya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd menuturkan, lomba Bertutur ini merupakan program nasional. Makanya kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat daerah, provinsi, hingga pusat.

“Kita bersyukur, di daerah kita lomba ini sudah terlaksana. Lomba Bertutur ini program Perpustakaan Nasional,” jelas Jodi.

Selain dihadiri Wabup, turut hadir sejumlah pejabat OPD dan pengurus organisasi Darma Wanita. Adapun pemenang lomba yaitu, Juara 1 Luthsya Adzra Rahma pelajar SDN 03 Kota Mukomuko, Juara 2 Feyza Ramadhani Marga pelajar SDIT Al-Kautsar, Juara 3 Astri Juniarti pelajar SDN 06 Kota Mukomuko.

Selanjutnya, Excellia Izzatunisa, Sri Wahyuni, dan Erigita A. Sihombing masing-masing juara harapan 1 sampai harapan 3. (end/prw)