Pemkab Berencana Kembangkan Batik Khas Mukomuko

ist
Batik Khas Mukomuko

MUKOMUKO,BE– Batik khas Mukomuko terus dikembangkan. Saat ini, ada empat varian motif dan sudah dijual dipasaran. Untuk motif batik khas Mukomuko ini, sudah dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 Tahun 2021.
Bupati Mukomuko menetapkan, motif batik khas Mumomuko memuat unsur cerano, ikan mikih, lokan dan sawit anggrek hutan.
“Kain batik Mukomko ini masih bisa dikreasikan asal memuat unsur-unsur gambar yang tertuang dalam Perbup,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Agus Harvinda melalui Sekretaris Nurdiana. “Ada tiga batik tulis, satu lagi batik cap yang sudah lama kita pasarkan. Untuk harga batik tulis memang agak tinggi,” katanya.
Untuk lebih mengembangkan batik motif khas Mukomuko ini, kata Nurdiana, Pemkab Mukomuko pada tahun ini akan menyelenggarakan pelatihan membatik. Sasaran dari kegiatan ini adalah pelaku usaha baru. “Berdasarkan amanat Perbup, dalam mengembangkan batik Mukomuko, Pemkab diminta memberikan sosialiasi, pelatihan, promosi, dan memberikan bantuan alat membatik. Tahun ini kita lakukan pelatihan. Rencananya nanti pelatihan batik tulis akan di datangkan pelatih kompeten dari luar daerah,”bebernya.
Pemkab berharap, kata Nurdiana, dengan dilaksanakannya pelatihan ini nantinya ada pelaku usaha lokal yang dapat menekuni usaha batik dengan motif khas Mukomuko. Dan rencana diselenggarakan bulan November atau Desember. Ibu Bupati selaku Ketua Dekranasda juga sangat mensupport kegiatan tersebut. (900)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*