Pelindo II Segera Tuntaskan Syarat KEK

Dendi - aktivitas bongkat muat yang dilakukan PT Pelindo II di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu (2)
Foto : IST

Janji Sebulan Selesai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah daerah telah menyelesaikan dua syarat kawasan ekonomi khusus (KEK). Selangkah lagi, KEK ini tinggal diresmikan. Namun, masih menunggu syarat perizinan dari internal Pelindo.

General Manager (GM) PT Pelindo II Bengkulu, Hambar Wiyadi mengatakan, terus mendesak Pelindo pusat untuk segara memberikan komitmen membangunan infrastruktur KEK dan nilai kwiti 30 persen investasi. Bahkan Pelindo II Bengkulu sudah menyurati sebanyak dua kali kepada pihak Pelindo pusat.

“Kami sudah layangkan surat dua kali ke Pelindo pusat. Kami ingin dua syarat itu segera diberikan oleh Pelindo pusat,” terang Hambar kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (23/8).

Sebelumnya dua syarat itu belum diberikan lantaran masih terhambat dengan rekomendasi pemerintah daerah untuk memberikan kemudahaan investasi masuk ke KEK. Kondisi saat ini, pemda sudah menyelesaikan semua permintaan dari Pelindo untuk memberikan rekomendasi itu. Untuk itu, Hambar berjanji, dalam waktu bulan ini dua syarat yang ada di internal PT Pelindo akan diselesaikan. “Ya Insyallah bulan ini sudah selesai semua syaratnya. Karena semakin cepat semakin bagus,” tambahnya.

Sejauh ini menurutnya, PT Pelindo II dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Bengkulu sudah hampir menyelesaikan 17 syarat KEK yang wajib dipenuhi. Pihaknya juga terus berkonsulitasi dengan Dewan KEK, agar syarat-syarat yang diajukan tidak bermasalah. “Koordinasi itu terus kita lakukan, jadi tinggal nunggu dua syarat dari kita saja,” tutur Hambar.

Ketika telah selesai, maka Plt Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA bersama Pelindo akan menyerahkan semua syarat itu ke dewan KEK. Nantinya dewan KEK akan melihat seberapa besar bonafide usulan itu. Sebab, dewan KEK akan lebih teliti mempelajari usulan yang diberikan. “Jika nanti dewan KEK memutuskan setuju, maka akan diajukan untuk pembuatan perpersnya,” terangnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, dua syarat yang belum diselesaikan oleh PT Pelindo itu hanya administrasi saja. Artinya tidak ada kata sulit untuk menyelesaikannya. Sebab, sebelumnya Pelindo pusat itu telah berkomitmen siap untuk membangun infrastruktur KEK di dalam lahan Pelabuhaan Pulau Baai Bengkulu. “Saya kira tidak ada yang sulit, karena hanya substantif saja,” ungkap Rohidin.

PT Pelindo II Bengkulu memang terus diminta fokus dan komitmen menyelesaikan syarat KEK. Menurut Rohidin, semua syarat memang sudah diajukan. Hanya saja masih ada yang kurang yang wajib diselesaikan oleh PT Pelindo II.  “Kalau pengajuanya itu sudah selesai semua, tapi ada yang kurang dan ini perlu ditambah,” terangnya.

Tidak hanya menyelesaikan syarat KEK, Plt Gubernur juga meminta pihak PT Pelindo II Bengkulu mencari solusi permanan, agar alur pelabuhaan tidak terus mengalami pendangkalan. Sehingga pengerukan tidak terus dilakukan setiap tahunnya. “Soal alur diselesaikan secara permanen. Bila perlu pembuatan bridgwater yang panjang didekat alur. Jadi jangan keruk terus, karena yang rugi Pelindo itu sendiri. Jika pun keruk prosesnya lama, seperti mendatangkan kapal juga membutuhkan waktu panjang,” tandas Rohidin. (151)