Pelantikan DPD APDESI Bengkulu Bakal Dihadiri Luhut Binsar Panjaitan

Foto Suary/BE : Gusmadi Ketua DPD APDESI Bengkulu saat diwawancarai wartawan disela-sela rapat di Kantor Gubernur.

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Pelantikan DPD Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Bengkulu diagendakan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD APDESI Provinsi Bengkulu terpilih Gusmadi bahwa rencana pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli dan berlokasi di Balai Buntar.

Dalam pelaksanaannya selain Menkomarinves, diagendakan juga akan dihadiri oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dari Kementerian Desa (Kemendes) diwakili oleh Wakil Menteri Desa.

“Kita merencanakan pelantikan serentak seluruh pengurus APDESI dari tingkat provinsi hingga daerah di Bengkulu tanggal 12 Juli ini dan direncanakan dihadiri langsung oleh Penasihat APDESI pusat yaitu Pak Luhut Binsar Panjaitan, dari Kemendagri diwakili oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa dan dari Kemendes akan dihadiri Wamen itu yang baru konfirmasi akan hadir,” ungkap Gusmadi, Rabu (6/7).

Selain itu menurutnya melalui DPP APDESI pihaknya juga mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, akan tetapi belum ada konfirmasi hingga hari ini dari DPP dan pihaknya akan tetap berupaya.

“Kita mengundang Menteri Pariwisata dan Ekraf pak Sandiaga Uno, tapi belum ada konfirmasi sampai hari ini, jadi masih kita upayakan,” ujarnya Gusmadi.

Gusmadi juga menyampaikan bahwa sebenarnya Musayawarah Daerah APDESI bengkulu dilakukan pada Bulan Desember tahun 2021 yang lalu dan akan diagendakan dilantik pada bulan Februari 2022. Akan tetapi batal dilakukan karena status PPKM level 3 Bengkulu sehingga baru bisa dilakukan pada bulan Juli ini.

Selain pelantikan pihaknya juga akan mengadakan kegiatan galeri pameran untuk menampilkan berbagai produk unggulan dari Badan Usaha Milik Desa (BumDes) karena pelantikan ini adalah kegiatan besar dilakukan secara serentak baik DPD, DPW dan DPC, sehingga akan dihadiri seluruh kepala desa se-Provinsi Bengkulu.

“Seluruh Kepala Desa yang ada di Provinsi Bengkulu, selain itu juga kita akan adakan galeri untuk menampilkan produk,” kata Gusmadi.

Hal itu pun juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) provinsi Bengkulu R.A. Denni saat diwawancarai dikantornya dan hingga hari ini agendanya masih tunggal dan masih akan dilakukan koordinasi dengan stakeholder terkait.

“Kalau untuk sementara agendanya masih tunggal dan masih kita koordinasikan,” jelas Denni.(CW2/Suary).