Pelanggar ETLE 41 Ribu Orang Pengendara, Denda Tilang Capai Rp.16 Juta

FOTO RIO/BE – Kamera ETLE yang terpasang di traffic light Polda Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu menghimpun perolehan pembayaran denda tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Eforcemeny (ETLE) hingga saat ini capai Rp. 16 juta lebih.

Disampaikan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Bengkulu Kompol Yuriko, perolehan denda itu dihimpun sejak ETLE diberlakukan awal bulan Mei lalu hingga Juni 2022

“Untuk pengendara yang tercapture melakukan pelanggaran dan telah melakukan pembayaran melalui BRI Virtua Account (Briva) sebesar Rp.16 juta 750 ribu,” kata Kompol Yuriko, Senin (20/6) pada bengkuluekspress.com

Kompol Yuriko juga merincikan, untuk pengendara yang melakukan pelanggaran dan terekam kamera ETLE sudah mencapai 41 ribu. Angka ini terus bertambah setiap harinya, selanjutnya dilakukan validasi data oleh pihak operator guna pengiriman surat tilang elektorik.

Dari data yang diterima sambung Kompol Yuriko, puluhan ribu pelanggar itu telah dilakukan konfirmasi sebanyak 8.386 pengendara dan yang baru tervalidasi sebanyak 1.075.

Sedangkan yang melakukan konfirmasi pada petugas atau melalui web sebanyak 125 pengendara.

Ia menambahkan, pengendara yang melakukan pelanggaran dan terekam oleh kamera ETLE setiap harinya tembus hingga 100 orang per harinya.

Sementara untuk pengendara yang melakukan pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda empat dengan kategori pelanggaran yaitu tidak menggunakan safety belt dan bermain handphone saat berkendara. “Per harinya bisa 50 sampai 100 pengendara.

“Itu yang kita kirim surat tilangnya. Tapi kalau yang tercapture lebih dari itu. Sedangkan kalau untuk kendaraan yang lebih dominan itu adalah mobil,” tutup Kompol Yuriko. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*