Pelajar Kerap Tawuran, Kadisdik Minta Sekolah Lakukan Pembinaan

Ist/ Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Drs Sehmi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akhir-akhir ini kerap menerima laporan siswa yang terlibat tawuran. Untuk itu, Ia meminta agar pihak sekolah melakukan pembinaan terhadap siswa yang terlibat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Sehmi mengatakan, agar sekolah dapat mengawasi murid-muridnya dan perbanyak melakukan pembinaan karakter. Kegiatan negatif para siswa ini sejatinya bisa diubah menjadi prestasi dengan pembinaan yang tepat melalui sarana olah raga dan ekskul lainnya.

“Anak-anak itu kan dibina dan mereka masa depan kita, masa depan bangsa. Kalau sudah karakternya begitu bagaimana bisa memajukan negara. Makanya nanti kita akan perbanyak silaturahmi, perbanyak event-event untuk memupuk kebersamaan mereka,” ujar Kadisdik Drs Sehmi MPd, Senin (25/4).

Sehmi menegaskan, para siswa yang terlibat tawuran tak akan disanksi dan lebih mengedepankan pembinaan. Disdik bakal melakukan penguatan pendidikan karakter dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sanksi itu nanti yang penting kita bina dulu. Ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan perilaku pelajar dan bukan hanya persoalan tawuran saja. Kita meminta pihak sekolah melakukan pembina kesiswaan. Nantinya, sekolah harus betul-betul membimbing dan mempelajari gerak gerik anak,” tutup Sehmi. (Imn)