PDM dan IPM Lebong Gelar Pelatihan  Taruna Melati 1

FOTO IST/BE – Pengurus IPM Lebongyang baru dilantik

BENGKULU, bengkuluekspress.com- Dalam rangka membentuk dan melatih siswa SMP 05 Muhammadiyah dan SMK 6 Muhammadiyah Muara Aman Kabupaten Lebong untuk menjadi kader militan dan kompeten, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lebong beserta Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Lebong menggelar pelatihan kader Taruna Melati 1 di gedung SMKS 6 Muhammadiyah Lebong pada 26-27 Februari 2022.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Sekretaris PDM Lebong, Deltano S.Pd dan  diikuti oleh 31 peserta yang merupakan siswa gabungan antara siswa SMK 6 Muhammadiyah dan SMP 5 Muhammadiyah Muara Aman  Lebong.

FOTO IST/BE – Foto bersama PW IPM bersama panitia Taruna Melati 1

“Kalau kegiatannya sendiri dibuka langsung oleh Sekretaris PDM Lebong, karena Ketua PDM Lebong sedang berhalangan hadir. Kalau untuk pesertanya sendiri itu jumlahnya  31 siswa dengan jumlah peserta akhir sebanyak 29 siswa dikarenakan yang 2 orang sakit,” ujar Auzan Dakosta, Ketua panitia Taruna Melati 1 Lebong, Selasa (1/3).

Adapun tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah Pengembangan Kader IPM untuk Mewujudkan Generasi Al-islam yang Berkemuhammadiyahan. Selain dari PDM Lebong, kegiatan ini juga didukung penuh oleh Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah lainnya seperti IMM, Pemuda Muhammadiyah, Aisiyah, Tapak Suci, Nasyiatul aisyiyah, Hizbul Wathan serta lembaga lainnya seperti KPU, Bawaslu, dan warga Muhammadiyah Lebong lainnya.

FOTO IST/BE Pembukaan acara Taruna Melati 1

“Kegiatan kami ini, selain didukung penuh oleh PDM, kami juga di dukung oleh ortom-ortom Muhammadiyah lainnya. Selain itu kami juga mendapat dukungan atau sponsor dari pihak eksternal Muhammadiyah yaitu Bawaslu dan KPU Lebong,” tutur pemuda 23 tahun ini.

Selain dari kegiatan pelatihan Taruna Melati 1, di tempat, lokasi dan acara yang sama panitia juga mengkolaborasi dengan pelantikan kepengurusan IPM Kabupaten Lebong.

“Pada kegiatan 2 hari 1 malam ini, pada awal pembukaan kami masukkan pelantikan kepengurusan IPM yang bari di Kabupaten Lebong. Baru setelah pembukaaan, pelatihan di laksanakan,” jawab Auzan.

FOTO IST/BE – Peserta dan tamu undangan menyanyikan lagu

Auzan juga menambahkan meskipun banyak dukungan dari pihak internal dan eksternal, pihak panitia juga mengalami kesulitan dalam mengkoordinasi antar anggota panitia dan juga peserta.

“Kalau untuk kesulitannya sendiri, itu dalam hal mengkoordinir panitia dan peserta yang kurang efektif.Tapi kami terus berusaha secara optimal untuk mengatasi kesulitan ini. Dan Alhamdulillah acara berjalan dengan sesuai rencana,” ujar Auzan.

FOTO IST/BE – Peserta dan tamu undangan berfoto bersama

Dia berharap kedepannya IPM lebong bisa berkontribusi lebih untuk kemajuan IPM Indonesia khususnya IPM Bengkulu. Juga bisa berkontribusi untuk masyarakat umumnya.

FOTO IST/BE – Sambutan dari PW IPM Bengkulu

“Harapannya dengan terbentuknya kepengurusan yang baru di Lebong, IPM Lebong bisa lebih maju dan juga bisa memajukan IPM se-Indonesia khusunya Bengkulu. Setelah mengadakan pelatihan Taruna Melati 1 untuk siswa Muhammadiyah, kami juga akan mengadakan Taruna Melati 1 untuk warga luar Muhammadiyah,” tutup Auzan Dakosta.(ANA/MG24)