OPPO Ajak Tangkap dan Abadikan Kenangan untuk Masa Depan

Dalam Kampanye #dearfuture2121

Fotografi memiliki kekuatan yang dapat melintasi batas geografi, bahasa, dan waktu. Sebuah gambar dapat mewakili berbagai emosi yang biasanya membutuhkan ribuan kata untuk mengekspresikannya. OPPO menginisiasi Kampanye #dearfuture2121, yaitu kampanye yang memanfaatkan kemampuan fotografi dalam mengabadikan berbagai cerita dan emosi dalam hidup kita di tahun 2021. Ini untuk menjawab satu pertanyaan penting yaitu, “kenangan apa yang Anda harap akan terus diingat oleh masyarakat dunia di 100 tahun mendatang?”. Kampanye #dearfuture2121 di platform Instagram yang akan berlangsung hingga 20 Juni 2021. Kampanye #dearfuture2121 didukung oleh para ambassador yaitu: Photographer Lennart Pagel and Harsha, Photographer Iwin Joseph dari Navi Mumbai, India. Kemudian juga ada fotografer dunia, Franz Hess, Isaac Bakit, Nilesh Panchal dan OPPO Brand Ambassador Indonesia Daniel Mananta serta Mohammad Reza.

Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengatakan, “Kampanye #dearfuture2121 mengajak semua orang untuk membagikan cerita hidup di tahun 2021 ini. Ketika cerita ini dilihat lagi pada 100 tahun mendatang, kami meyakini cerita itu menjadi inspirasi yang berharga bagi generasi masa depan. Nilai humanis senantiasa menjadi fokus OPPO. Dalam kampanye ini, OPPO berusaha untuk mencerahkan masa depan dan memberikan kebahagiaan di tengah situasi pandemi yang memisahkan kita dengan orang-orang yang kita cintai.”

Untuk perpartisipasi dalam kampanye ini, unggah satu hingga 10 foto ke akun Instagram Anda dan tambahkan hashtag #dearfuture2121. Peserta dengan foto terbaik akan berkesempatan menerima hadiah paket liburan senilai $400 untuk bertemu keluarga tercinta ataupun menjelajahi destinasi lainnya.

Selain hadiah tersebut, 200 peserta lainnya berkesempatan untuk mengikuti kelas fotografi profesional secara online agar mampu meningkatkan keterampilan fotografi mereka. Foto-foto terbaik peserta juga akan ditampilkan pada website dan akun Instagram OPPO. Juga akan ada 50 pemenang yang akan dipilih secara khusus oleh panel juri yang terdiri dari fotografer National Geographic Joel Sartore, travel photographer ternama Lennart Pagel, dan sutradara film Gan Bi, dan foto mereka akan dipamerkan dalam galeri eksklusif di website OPPO. Khusus untuk Indonesia,  akan ada 3 unit OPPO Find X3 Pro 5G untuk 3 pemenang, yang akan dipilih oleh OPPO Indonesia pada saat akhir periode kompetisi (20 Juni 2021) dan pengumuman akan dilakukan di IG story OPPO Indonesia pada tanggal 30 Juni 2021.

Tidak ada kriteria khusus untuk objek foto. Anda dapat memfoto binatang yang setiap pagi datang ke rumah Anda untuk meminta makan. Anda juga dapat berfoto bersama anggota keluarga yang sudah lama tak berjumpa semenjak pandemi terjadi setahun yang lalu atau keindahan alam atau objek lain yang menggugah perhatian Anda.

Berikut adalah sejumlah tips dari Fotografer Lennart Pagel dan Harsha untuk menginspirasi Anda dalam kampanye #dearfuture2121 ini.

#dearfuture2021 ambassadors

Lennart sudah terbiasa menggunakan ponsel untuk mengambil foto saat menjelajahi dunia dan mendokumentasikan semua petualangannya.

Fotografer Lennart Pagel  mengatakan, “Kamera pada ponsel yang selalu Anda bawa dalam saku bukan hanya sekadar kamera, melainkan sebuah mesin waktu. Foto yang tersimpan dalam ponsel dapat membawa Anda kembali ke masa lalu. Melalui fotografi, kita dapat merasakan berbagai momen penting yang telah terjadi dalam kehidupan kita. Bukan untuk menciptakan sesuatu yang sempurna, tetapi untuk menciptakan sesuatu yang berharga bagi Anda. Fotografi merupakan kegiatan eksplorasi yang menyenangkan.”

Lennart sudah biasa menggunakan kamera ponsel sejak ia berusia 12 tahun. Saat itu, kamera ponsel biasanya hanya memiliki sensor 0,3 megapiksel, tidak seperti OPPO Find X3 Pro yang memiliki kamera utama 50 megapiksel dengan lensa ultrawide.

Harsha pindah ke Singapura untuk mempelajari proses pembuatan film enam tahun lalu dan kini, ia menggunakan foto untuk mengabadikan dan merayakan kehidupan yang telah ia jalani hingga saat ini.

Harsha mengatakan, “Saya suka sekali mengingat kehidupan masa lalu saya saat melihat sebuah foto. Menggunakan fotografi untuk menjelajahi kota tempat Anda tinggal juga merupakan ide yang bagus karena Anda dapat melihat sudut pandang baru dari lensa kamera.,”

Singapura adalah kota yang menakjubkan dengan arsitektur bangunan yang dinamis dan memiliki banyak taman indah yang dapat menjadi objek untuk difoto. Meskipun demikian, Harsha lebih mengutamakan momen spesial bersama teman-temannya yang sudah menjadi seperti keluarga sendiri.

“Saya suka menggunakan kamera ponsel saya karena dapat langsung saya gunakan untuk mengabadikan momen yang terjadi saat itu,” tambahnya.

Kamera pada Find X3 Pro selalu siap dalam saku Anda untuk mengabadikan setiap momen dalam kehidupan Anda. Dengan kemampuan menangkap satu miliar warna, hasil foto akan terlihat sangat akurat, sama seperti objek aslinya. Kamera juga dilengkapi dengan lensa zoom ultra-wide, wide and 2x zoom mampu menghadirkan pengalaman fotografi felksibel dan tidak menghambat kreativitas Anda. Find X3 Pro adalah perangkat yang sempurna untuk fotografi yang intuitif dan memiliki berbagai fitur yang mampu menangkap setiap rasa.

Kampanye #dearfuture2121 sudah berjalan dan jutaan followers OPPO sudah membagikan berbagai foto indah melalui akun Instagram masing-masing. Tertarik untuk ikut berpartisipasi?

Keindahan Alam

Photographer Iwin Joseph dari Navi Mumbai, India mengambil foto setangkai bunga yang cantik dengan caption sebagai berikut:

“Kita dapat hidup karena ada oksigen. Dewasa ini, oksigen menjadi sangat penting. Oleh karena itu, mari kita selangkah lebih maju dan menanam lebih banyak tanaman sehingga kita bisa menghirup udara yang lebih bersih.”

Dalam foto ini, Iwin mampu menangkap warna dan detil objek yang menakjubkan. Saat kita menyempatkan diri untuk menghargai keindahan dan keragaman alam, kita akan mulai melihat berbagai hal melalui perpsektif yang baru dan melihat dunia keindahan.

Dunia alami menopang eksistensi manusia. Dengan memperhatikan nilai alam untuk kesehatan dan kebahagiaan kita, kita akhirnya memahami bahwa alam merupakan harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Seperti semua perangkat OPPO, Find X3 Pro dilengkapi dengan kemampuan untuk menangkan miliaran warna dan sensor ultra-resolution untuk menghasilkan foto dengan detil dan efek bokeh yang luar biasa.

Keajaiban masa kecil

Franz Hess mengabadikan momen kegembiraan dan tawa yang diambil dari sudut pandang orang tua saat melihat anak-anak bermain. Baik anak-anak maupun orang dewasa akan melihat gambar ini di tahun mendatang dan mengingat momen tersebut. Franz berbagi kegembiraan ini dengan harapan kita dapat membagikannya untuk generasi mendatang. Caption untuk foto tersebut adalah “Wajah bahagia yang kita lihat hari ini dapat tergantikan dengan wajah suram akibat penyalahgunaan teknologi yang menganggu kesehatan mental dan menyebabkan berbagai permasalahan sosial. Cobalah fotografi untuk menginspirasi orang lain dan diri sendiri. Fotografi dapat membantu Anda menghargai kehidupan.”

“Saya ingin berbagi kebahagiaan dan menginspirasi orang lain melalui foto. Berbahagialah saat berada di sisi orang yang kita cintai, bukan dengan barang yang kita miliki,” ujar Franz dalam captionnya..

Foto Franz mampu mengingatkan kita untuk selalu mengabadikan keindahan di masa sekarang dan untuk menghargai lingkungan sekitar kita sehingga kita dapat mengalami kegembiraan yang sama seperti yang dirasakan oleh anak-anak dalam foto ini.

Foto ini juga menunjukkan kemampuan kamera terbaik dari OPPO Find X3 Pro yang mampu menangkap satu miliar nada warna yang berbeda serta memiliki dynamic range yang dapat mempertahankan kontur dan warna awan dan latar depan.

A quiet moment together

Foto dari Daniel Mananta’s adalah bukti nyata bahwa Anda dapat mengambil foto berkualitas profesional hanya dengan kamera ponsel. Foto #dearfuture2121 yang diunggah oleh Daniel akan tampak luar biasa apabila dipamerkan dalam sebuah galeri seni.

Pemandangan alam yang terlihat saat berdiri di atas pegunungan dikelilingi oleh awan adalah pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Daniel dan istri membagikan momen yang luar biasa. “Foto ini diambil pada bulan November 2020, di Magelang, Indonesia, dan pada saat itu, bumi seperti sedang beristirahat. Namun demikian, alam menunjukkan keindahan sejati seraya menggerakkan awan,” ujar Daniel dalam caption foto.

Daniel melanjutkan: “Saya tidak tahu bagaimana situasi dunia kita saat Anda melihat pesan ini. Namun, jika Anda ingin menikmati momen keindahan alam yang terbaik, cobalah saat senja, ketia bumi mulai beristirahat.”

Latar belakang memancarkan cahaya saat warna pink merona yang hangat memenuhi langit, membawakan rasa ketenangan. Pesan Daniel adalah untuk hidup di masa sekarang dan selalu berusaha menikmati momen sehari-hari, dimulai dari matahari terbenam, udara segar, dan senyuman orang yang kita cintai.

Dalam kurun waktu setahun ini, kita dihadapi oleh berbagai tantangan akibat pandemi. Namun, pemandangan seperti ini mengingatkan kita bahwa dunia masih memiliki banyak keindahan yang bisa kita nikmati.

Masih banyak hal-hal luar biasa yang dapat kita abadikan dan simpan untuk masa depan. Dari air terjun yang mengalir hingga anak-anak sedang bermain, inilah momen yang ingin kita kenang.

Berikut beberapa foto yang menarik perhatian kami, dan kami berharap Anda dapat menikmatinya juga.

Isaac Bakit

“Saya hanya berharap kita semua akan belajar untuk lebih peduli dengan kehidupan, terutama dengan alam. Tanpa alam, manusia tidak akan bisa hidup. Alam merupakan sumber daya yang penting. Kita memanfaatkan berbagai hal yang diberikan oleh alam, mulai dari makanan, tempat tinggal, mencari kawan, hiburan, dan lain sebagainya. Hentikan konflik. Hentikan kebencian satu sama lain!

Sebaliknya, belajarlah untuk bersatu dan saling mengasihi karena kita semua adalah ciptaan Tuhan tanpa memandang suku, asal, warna kulit, dan identitas kita. Mari kita semua memuliakan dunia tempat kita tinggal sehingga Bumi kita akan terawat dengan baik.”

Nilesh Panchal

“Tidak ada kata terlambat untuk memiliki masa kecil yang bahagia. Saya tidak merindukan masa kanak-kanak, tetapi saya merindukan bagaimana saya terbiasa menikmati hal-hal kecil, bahkan ketika hal-hal yang lebih besar mengalami kehancuran. Saya tidak bisa mengendalikan dunia tempat saya tinggal, tidak bisa menjauh dari hal-hal atau orang-orang atau momen-momen yang menyakitkan, tetapi saya berpegang pada hal-hal yang membuat saya bahagia.”

 

Mohammad Reza

“Dear masa depan, saya berharap keindahan alam yang kita lihat hari ini tidak akan menjadi sekadar kenangan bagi orang-orang di masa depan. Saya berharap bahwa mereka yang hidup di masa depan akan merasakan keindahan alam yang terlihat dalam foto-foto kami dan dapat menikmatinya dengan semua indra mereka.”

 

#dearfuture2121  merupakan perayaan bagaimana fotografi menangkap berbagai momen dalam kehidupan kita, dari orang-orang yang kita cintai, tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, dan perasaan kita. Melihat foto yang diambil berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang lalu tentunya akan mengingatkan kita akan kenangan berharga seperti menggunakan mesin waktu. Foto adalah bahasa universal yang menjadikan kita lebih akrab dan menggambarkan rasa yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Mari bagikan momen yang ingin Anda ingat dalam waktu 100 tahun ke depan dengan mengikuti #dearfuture2121 dan #shotonOPPO. (Rls)