Operasi Patuh Nala, Kapolda Minta Petugas Kedepankan Tindakan Persuasif

Ist/BE – Apel gelar pasukan ops patuh nala 2022 Polda Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu secara resmi menggelar Operasi Patuh Nala 2022 yang akan berlangsung sejak tanggal 13 Juni sampai dengan 26 Juni 2022 mendatang.

Operasi Patuh Nala ini juga akan melibatkan beberapa instansi terkait lainnya seperti, Dinas Perhubungan, TNI, tim gabungan lainnya.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung Wicaksono dalam amanatnya mengatakan, Operasi Patuh Nala tahun 2022 digelar dengan menyasar para pengendara baik roda dua maupun roda empat dengan mengedepankan keselamatan berlalu lintas.

Tidak hanya itu, beberapa poin yang menjadi catatan dalam Ops Patuh Nala ini juga mengarahpada kendaraan yang tidak jalan. Kendaraan angkutan barang, kendaraan yang mengubah spek, kendaraan pribadi yang menggunakan strobo, tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan spek, dan lain sebagainya.

“Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, hindari tindakan pungli serta lakukan tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” kata Irjen Pol Agung Wicaksono, Senin (13/6).

Ia menambahkan, terhadap para personil yang terlibat dalam ops Patuh Nala untuk senantiasa mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis yang didukung penegakan hukum secara elektronik dan teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas serta tetap terapkan Prokes Covid 19.

Selain itu, ops patuh nala juga difokuskan pada lokasi rawan macet dan pelangaran lalulintas, serta masyarakat terorganisasi dan tidak terorganisasi, seperti kelompok pengemudi angkutan umum, masyarakat di sekitar pasar dan terminal yang dapat menimbulkan pelanggaran laka lantas.

“Untuk sanski yang kita berikan itu berupa teguran atau edukasi serta penindakan tegas bagi pengendara yang melakukan pelanggaran berat,” tutup Irjen Pol Agung Wicaksono. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*