OPD Harus Fokus Tangani Stunting

RAKOR: Bappeda Kaur menggelar Rakor 6 aksi konvergensi penurunan stunting Kabupaten Kaur, Rabu (25/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Kaur meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kaur, agar fokus dalam penanganan pemasalahan gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi (stunting).

“Stunting menjadi permasalahan nasional, dan saya minta kepada OPD agar lebih fokus terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan stunting,” kata Kepala Bappelitbang Kaur Suhadi ST melalui Pt Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Dian Putera Utama ST ME, saat memimpin Rakor 6 aksi konvergensi penurunan stunting Kabupaten Kaur bersama OPD terkait di aula Bappelitbang Kaur, Rabu (25/11).

Dikatakan Dian, dalam melaksanakan program percepatan penurunan dan penanganan stunting di Kabupaten Kaur ini, ada 6 perencanaan aksi yang harus dilakukan oleh stakeholder yang terlibat di dalamnya. Sebab targetnya dibawah tahun 2030 Kaur bisa bebas dari stunting, sehingga Kabupaten Kaur bisa menghasilkan generasi masa depan yang sehat, produktif dan memiliki daya saing kuat.

“Dari hasil Rakor kita bersama OPD terkait hari ini (kemarin), kita sepakat membuat payung hukum terkait stunting, kedua OPD akan melakukan perbaikan manajemen data dan terakhir menyusun dokumen RAD stunting secepatnya,” terangnya.

Ditambahkannya, dimana terkait dengan sistem manajemen data ini bersinggungan dengan aspek kebijakan dalam mendukung mekanisme yang telah berjalan sesuai alur pelaksanaan. Juga ini tidak terlepas dari dukungan teknologi informasi dalam pengumpulan dan pengelolaan data.

“Saya harap kepada seluruh penanggung jawab data dari masing-masing OPD untuk melanjutkan analisis ketersediaan data dan mengumpulkan data terkait dengan cakupan intervensi penurunan stunting disektornya masing-masing,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*