Narapidana Pengendali Narkoba dari Lapas Divonis Penjara dan Denda Rp. 1 M

TRI/BE – Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Ristianti Andriani

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Majelis Hakim yang dipimpin oleh Fitrijal Yanto menjatuhi hukuman pidana penjara terhadap terdakwa Heriyanto alias Yanto Kasa, salah seorang narapidana yang sedang menjalani hukuman 33 tahun penjara karena kasus narkoba.

Disampaikan Majelis Hakim, Yanto Kasa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum melakukan permufaktan jahat menjadi perantara jual beli narkotika golongan 1 jenis sabu.

Dari dakwaan itu, menjatuhkan pidana kepada terdakwa Yanto Kasa dengan pidana penjara selama 10 tahun dan pidana denda sebesar Rp.1 M. Apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 6 bulan.

Dikatakan Kasi Penkum Kejati Bengkulu Ristianti Andriani, vonis yang diterima terdakwa lebih ringan dibanding tuntutan yang diberikan oleh majelis hakim.

“Terdakwa Yanto Kasa sebelumnya dituntut selama 12 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara. Sedangkan vonis yang diterima 10 tahun denda sebesar Rp.1 miliar,” kata Ristianti Andriani, Kamis (30/6).

Ia menambahkan, tidak hanya terdakwa Yanto Kasa. Majelis Hakim juga menjatuhi hukuman terhadap terdakwa Reangga Septon Ade pidana penjara selama 6 tahun dan pidana denda sebesar Rp.1 Milyar, apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 6 bulan.

Selain itu menetapkan masa penangkapan dan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa hingga putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap dikurangkan sepenuhnya dari pidana yang dijatuhkan.

“Terdakwa Reangga dituntut JPU 9 tahun penjara dan divonis 6 tahun dan pidana denda sebesar Rp.1 miliar,” tutup Ristianti Andriani.

Untuk diketahui, tim BNNP Bengkulu berhasil menangkap Reangga warga Kota Bengkulu yang membawa 800 gram sabu pada bulan maret lalu di jalan lintas Bengkulu-Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Dengan ditangkapnya Reangga, terungkap bahwa otak dari kasus peredaran narkotika ini adalah Yanto Kasa alias Herianto yang sedang menjalani hukuman 33 tahun penjara di Lapas Bentiring, Kota Bengkulu. Terdakwa Reangga diketahui merupakan kurir narkoba yang diperintah YN untuk mengambil sabu dari Jambi dan dikirim ke Bengkulu.

Atas pengungkapan dan penangkapan ini akan menambah masa hukuman yang dijalani Yanto Kasa. Masa kurungan penjara 33 tahun yang diterima Yanto Kasa akan ditambah dengan hukuman putusan dari Mejelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*