Mukomuko Kembangkan Kurikulum Terintegrasi

 

MUKOMUKO, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com– Jajaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko terus mengembangakan kurikulum nasional terintegrasi di sekolah dengan
banyak hal. Untuk di Kabupaten Mukomuko untuk pelaksanaannya belum seluruh sekolah dapat menjalankannya dengan baik. Namun untuk tahun ajaran baru 2021/2022 ini, Disdikbud kembali akan mengembangkan kurikulum terintegrasi di sekolah.
”Mulai kita kebngakankan kebalia kurikulim yang terintegrasi di skeolah-sekolah,” sampai Kepala Disdikbid Kabupaten Mukomuko, H Ruslan MPd didampingi Kabid Dikdas, Jumanto SE,
Rabu (1/9).

Seluruh kurikulum nasional, kata Ruslan, harus diintegrasikan banyak hal seperti kearifan lokal. Di dalam kurikulum itu juga harus diintegrasikan pendidikan karakter, diintegrasikan literasi dan lainnya. “Semuanya harus diintegrasikan. Selain itu, juga harus pengintegrasian berbagai program. Dicontohkannya, pengintegrasian pendidikan lalulintas, pengintegrasian sekolah sehat dan lainnya. Program yang terus didorong pemerintah pusat ini, akan kita dorong kepada seluruh sekolah di Kabupaten Mukomuko,” katanya.

Ia juga menyampaikan, sekolah perlu mengetahui pegintegrasian kurikulum nasional tersebut tidak memunculkan materi atau kurikulum baru. Namun materi – materi yang lama itulah yang dinteregrasikan ke mata pelajaran. Sehingga di dalam pembelajaran nanti, tidak mengajarkan kurikulumnya tetapi menanamkan nilai – nilai dari kurikulum tersebut. Misalnya mata pelajaran IPS, di dalam pelajaran itu diterapkan kearifan lokal, literasi, pendidikan lalulintas dna linnya.
“Tahun – tahun sebelumnya, sudah dilakukan sekolah tapi belum maksimal. Secara nasional dilakukan lagi penguatan untuk mengimplementasikan hal tersebut,” bebernya. (900)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*