Mubes IKA SeMaKu Hadirkan Kuliner Khas Daerah

Kota Bengkulu, bengkuluekspress.com – Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur (IKA SeMaKu) akan menggelar musyawarah bersama (mubes) ke-1 pada 8 Desember 2021 mendatang. Forum musyawarah tertinggi organisasi ini rencananya digelar di Gedung Olah Seni (GOS) Taman Budaya, Bengkulu.

“Rencana Mubes sudah lama sejak periodeisasi pengurusan sebelumnya berakhir, bahkan panitia penyelengara sudah terbentuk beberapa bulan lalu, namun kedala Covid-19, Mubes tertunda. Insyallah kalau tidak aral melintang Rabu 8 Desember digelar,” kata Ketua Panitia Pihan Pino, Sabtu, (4/2021)

Persiapan panitia, jelas Pihan, saat ini sudah 75 persen, hanya saja masih butuh dukungan dari berbagai pihak agar acara semakin meriah. Tema besar yang diangkat dalam Mubes kali ini adalah “Bangun Semaku, Bangun Bengkulu, Bangun Indonesia.”

Tema itu merupakan hasil keputusan rapat yang bermakna sebagai peran Semaku bukan hanya membangun komunitas lokal, namun lebih besar untuk Provinsi Bengkulu dan Indonesia lebih luas.

“Area Mubes merupakan ajang konsolidasi organisasi dan rembuk. Mubes juga harus menjadi ajang membangun tali silahturahmi, dan yang tak kala penting untuk mendorong pembangunan di bidang kebudayaan dan pariwisata. Tagline Semaku itu bangkitkan wisata lestarikan budaya. Jadi pegangannya ada di situ,” ungkap Pihan

Nantinya lanjut Pihan gerai-gerai lokal kuliner khas daerah Seluma, Kaur, dan Manna juga akan ditampilkan di arena acara. Diantaranya gerai kopi, kue cucur pandan, lemang tapai dan olahan gurita dari Kaur. Penampilan seni budaya seperti tari pencak silat dari siswa SMA N 7 Kota Bengkulu juga akan ditampilkan.

Acara Mubes akan mengundang organisasi komunitas lain seperti komunitas Jawa, komunitas Batak, kerukunan keluarga Rejang, komunitas Sunda, warga Palembang, Minang , Pekal, Lampung, Lembak, Sulawesi, dan komunitas lain yang ada di Bengkulu. Undangan ini kata Pihan merupakan komitmen dari Semaku yang hadir untuk membangun persatuan dan kesatuan bukan untuk memperluas jarak antar komunitas.

“Kami sangat berharap kepada seluruh komunitas untuk turut hadir, mungkin ada yang tak sempat bertemu atau tercecer diundang, melalui peryataaan ini juga kami mengundang dengan resmi, termasuk seluruh warga Semaku, mari kita meriahkan,” harap dia.

Pihan juga memastikan acara akan diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan. Panitia akan menyusun tempat duduk sedemikian rupa termasuk orang berkumpul dalam satu tempat tidak melebihi 200 orang.

“Ada handsanitizer dan tempat cuci tangan. Kami juga menyiapkan masker, tapi kami imbau agar yang hadir menggunakan masker dari rumah,” tutup Pihan.

Mubes ke-1 IKA Semaku selain wadah konsolidasi organisasi juga dijadwalkan sebagai ajang musyawarah mufakat untuk memilih pengurus baru untuk masa bakti 2021-2025. IKA Semaku saat ini masih dipimpin Sumardi sebagi Ketua Umum, Rohidin Mersyah sebagai Ketua Dewan Pembina, dan Salman Rupni sebagai Ketua Dewan Penasehat.(rls)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*