Minimalisir Pemalsuan Data Siswa Baru, PPDB Digelar Online dan Manual

Drs Sehmi MPd

BENGKULU, bengkulueksprees.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Drs Sehmi MPd mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini untuk Sekolah Dasar (SD) akan dilakukan secara manual dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) semi online.

“Pendaftaran PPDB SD dan SMP akan dibuka tanggal 24 Juni mendatang, PPDB untuk SMP semi online dan SD manual,” ujar Sehmi ketika ditemui di kantornya, Senin (6/6).

Sehmi menambahkan, salah satu tahapnya nanti adanya zonasi yang langsung diupload dari rumahnya masing-masing, sehingga ini menjadi salah satu kelemahan PPDB online.

Zonasi secara online bisa tidak akurat, peserta bisa saja memalsukan tempat tinggalnya, sehingga diperlukan manual agar pantia bisa cek lokasi calon peserta didik tersebut, untuk mengatasinya diserahkan kepada bapak ibu guru panitia.

“Selain dilakukan online nanti bisa manual agar bisa diverifikasi langsung (ketempat tinggal calon peserta didik),” ujar mantan Camat Selebar Kota Bengkulu. Sementara PPDB digelar online ini juga dimaksudkan agar pelayanan lebih mudah. “Yang ini kita inginkan prosesnya lebih cepat dan lebih mudah,” kata Sehmi.(CW3/ASEPTO).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*