Minim Bantuan, Korban Banjir Terpaksa Berhutang dan Buka Donasi

Iman/ BE – Warga yang meminta sumbangan korban banjir turun ke jalan di Jalan Basuki Rahmat, Sawah Lebar Kota Bengkulu, Jumat (1/7).

BENGKULU, bengkukuekspress.com – Minimnya bantuan dari pemerintah maupun para dermawan, membuat para korban banjir di Kota Bengkulu membuka kotak donasi yang disodorkan ke pengendara di jalanan.

Aktivitas ini terlihat di sekitar Jalan Basuki Rahmat Kota Bengkulu sejak Jumat (1/7) pagi yang dilakukan oleh pemuda dengan menggunakan ember maupun kardus dengan bertuliskan ‘sumbang korban banjir’.

Kori, selaku Sekretaris RT setempat menjelaskanm kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan inisiatif dari warga dan pengungsi yang terdampak banjir sejak kemarin.

Mereka tak memiliki pilihan lain karena belum tersentuh bantuan pemerintah maupun para dermawan lainnya.

“Tindakan ini diambil oleh warga karena memang warga di lokasi telah terbiasa dan menjadi mandiri lantaran telah menjadi langganan banjir jika hujan mengguyur,” jelas Kori.

Ia mengatakan, uang bantuan itu akan dibelikan beras, mie dan telor untuk makan. Sebab, mereka saat ini terpaksa berhutang ke warung untuk membeli air minum dan mie.

“Kami butuh makan, kalau makan di rumah dan masak di rumah tidak bisa karena rumah kami terendam banjir,” katanya.

Sementara itu, sumbangan pengendara nantinya digunakan oleh warga dan pengungsi untuk membeli bahan pokok makanan dan air bersih. Bahan makanan itu nantinya akan dimasak di dapur umum yang didirikan oleh pengungsi sendiri secara darurat.(Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*