Mata Pilih di Seluma Diperkirakan Tambah 1000-an

TAIS, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Saat ini penelitian dan pencocokan (Coklit) mata pilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah berakhir. Nah, untuk memvalidasi data mata pilih di Kabupaten Seluma, saat ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melakukan rapat pleno penetapan yang akan dilaksanakan pada 31 Agustus ini.  Kemudian selanjutnya, setelah pleno ditingkat PPS dilanjutkan dengan rapat pleno ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 2 September bulan depan.

Anggota KPU Seluma Divisi Perencanaan Data dan Informasi Maryono SP MP mengatakan, setelah pleno ditingkat PPS, serta PPK. Kemudian barulah ditingkat KPU untuk menetapkan jumlah mata pilih di Kabupaten Seluma.

“Saat ini sedang persiapan pleno tingkat PPS, sebelum nanti tingkat PPK. Serta selanjutnya, tingkat KPU. Sebelum ditetapkan sebagai mata pilih untuk Pilkada Seluma,” tegas Maryono.

Dibeberkan, bakal ada kenaikan jumlah mata pilih di Kabupaten Seluma. Karena ada tambahan pemilih pemula. Namun tambahannya tidak terlalu signifikan. Serta diperkirakan hanya sekitar 1000 an mata pilih baru.

“Jelas akan bertambah, karena ada mata pilih baru dari kalangan pelajar yang sudah tamat. Kemudian sudah berusia 17 tahun. Sehingga sudah berhak menggunakan mata pilihnya pada Pilkada Seluma,” tegasnya siang kemarin.

Lebih lanjut, Maryono mengatakan untuk data awal yang dicoklit sendiri sebanyak 151.473 mata pilih. Data ini diverifikasi dengan cara dicoklit. Untuk mengeluarkan data penduduk yang sudah meninggal dan pindah. Kemudian data penduduk yang menjadi pemilih baru di Kabupaten Seluma.

“Pertengahan September nanti sudah bisa diketahui berapa total DPT Seluma yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Seluma,” pungkasnya. (jef)