Masa Pinjam Pakai Lapter Berakhir

H Rifai Tajuddin SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Masa pinjam pakai lapangan terbang (Lapter) dua dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) kepada Pemda Bengkulu Selatan (BS) berakhir hari ini.  Sehingga jika tidak ada perpanjangan waktu pinjam pakai, maka Lapter tersebut harus diserahkan kembali ke TNI AU.

“Masa pinjam pakai Lapter dua berakhir 18 Oktober ini,” katanya di sela-sela acara gebyar 2000 dosis vaksinasi Covid-19 di halaman kantor Dinas Kesehatan BS, Minggu (17/10).

Dijelaskan Wabup, masa pinjam pakai tersebut sudah berjalan 5 tahun. Sehingga perlu perpanjangan waktu lagi. Oleh karena itu, saat ini Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM saat ini sedang berada di Jakarta untuk mengurus perpanjangan waktu pinjam pakai tersebut. Sebab jika tidak diperpanjang, maka mulai Selasa (19/10), Lapter tersebut kembali ke TNI AU. Dengan begitu, lahan kompleks perkantoran Pemda BS sudah ditangan TNI AU kembali.

“Saat ini Pak Bupati di Jakarta sedang mengurus perpanjangan pinjam pakai Lapter,” ujarnya.

Dijelaskan Wabup, jika kepemilikan Lapter dua yang saat ini sudah menjadi kompleks perkantoran milik Pemda BS masih dimiliki Pemda BS dengan cara pinjam pakai, maka Pemda BS kesulitan untuk melaksanakan pembangunan di lahan tersebut. Sebab harus selalu meminta izin pihak TNI AU. Selain itu masa pinjam pakai tidak lama, sehingga jika sudah habis harus diperpanjang kembali. Sebab jika tidak, maka lahan tersebut kembali ke pihakTNI AU. Oleh karena itu, meskipun saat ini Pemda BS sedang mengupayakan perpanjangan masa waktu pinjam pakai, tapi terus berupaya mendapatkan Lapter tersebut dengan cara hibah.

“Kita akan terus berupaya agar pihak TNI AU dapat menghibahkab lapter dua kepada Pemda BS,” harap Wabup.

Ketua DPRD BS, Barli Halim SSos juga berharap Lapter dua dapat segera dihibahkan ke Pemda BS. Sebab, jika masih pinjam pakai, maka Pemda BS tidak bisa leluasa membangun perkantoran kembali di Lapter tersebut. Dengan begitu, perlu adanya kepemilikan secara hibah.

“Semoga perpanjangan hibah lapter segera didapat dan ke depannya hibah lapter dari pihak TNI AU ke Pemda BS bisa terlaksana,” harap Barli. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*