Mantan Kades di Seluma Masih Kuasai Mobnas

TAIS, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Mobil Dinas (Mobnas) Kepala Desa (Kades) Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan yang masih dikuasai mantan Kades, saat ini belum bisa ditarik. Karenanya, Kades aktif saat ini tidak bisa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Seluma, Erlan Suadi SP M.Ak mengatakan bahwa, jika aset tersebut tercatat di Dinas Perkim, maka sudah dilakukan penarikan. Namun, karena tercatat di Dinas PUPR, maka yang berhak melakukan penarikan adalah Dinas PUPR.

“Itu tercatat di aset Dinas PUPR, sehingga tidak bisa kami lakukan proses penarikan,” kata Erlan kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, bahwa aset tersebut masuk dalam aset milik pemerintah. Karena masih berplat merah. Kecuali yang sudah berplat kuning seperti mobil Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memang sudah dalam bentuk hibah pemerintah ke BUMDes. Namun, tetap saja menjadi pengawasannya. Setelah beberapa waktu lalu mobil BUMDes tersebut disalahgunakan untuk menjadi sarana transportasi hasil pertanian keluarga Kades.

“Kalau sudah plat kuning seperti sekarang ini, itu memang bentuknya hibah. Tidak lagi tercatat sebagai aset milik pemerintah. Itu menjadi milik BUMDes. Namun, tetap kami lakukan pemantuan penggunaannya,” tandasnya.

Sementara itu, Inspektur Daerah Inspektorat Seluma, Deddy Ramdhani SE M. SE MA menyebutkan bahwa, Inspektorat akan pelajari terlebih dahulu, apakah pinjam pakai atau bagaimana. Karena seharusnya aset itu dikembalikan ke dinas yang membidangi.

“Kita akan lihat dan pelajari dulu mengenai aset Mobnas tersebut,” tandasnya. (333)