Manasik, CJH Diminta Patuhi Prokes

MANASIK: Para CJH yang akan berangkat pada tahun 2021 mendatang saat mengikuti manasik haji yang selenggarakan Pemda Kaur di Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Selasa (9/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Meski belum ada kepastian perihal pelaksanaan haji 2021, namun persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H terus dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kaur bersama Pemda Kaur. Salah satu persiapan dilakukan dengan melakukan manasik haji untuk 106 Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2021 ini.

“Manasik ini bertujuan agar para CJH paham tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji meliputi rukun, wajib. Sehingga betul-betul menjadi jamaah mandiri dan tidak salah lagi pergi haji nanti,” kata Asisten 1 Setda Kaur, Robi Antomi SPi, saat membuka manasik haji di Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Selasa (9/3).

Dikatakan Robi, manasik haji sangat penting untuk diikuti oleh jamaah calon haji, agar dalam pelaksanaan ibadah ditanah suci nanti para jamaah sudah memahami tentang tata cara ibadah haji. Dimana untuk pelaksanaan manasik ini dilakukan selama 12 kali sebelum CJH berangkat ke tanah suci tahun 2021 ini. Dalam manasik CJH diberikan bekal untuk persiapan berangkat haji, mulai dari kesiapan diri sendiri. Kemudian pemeriksaan kesehatan, administrasi hingga tata cara melaksanakan ibadah haji dan sebagainya. Juga diminta para CJH agar selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku.

“Meskipun belum ada kepastian berangkat, tapi manasik ini harus kita siapkan agar jamaah tidak salah nanti. Kita berharap tahun ini walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir pelaksanaan haji bisa berjalan dan tidak lagi ditunda, dan para jamaah agar selalu mematuhi prokes,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Haji Kemenag Kaur Bujang Ruslan S Pdi juga menyampaikan, kegiatan manasik haji untuk yang dilakukan Pemda Kaur tahun 2021 ini diikuti oleh 106 calon jemaah haji yang akan berangkat pada musim haji 2021 mendatang. Ia juga berharap kepada seluruh calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan selalu menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.
“Ini manasik perdana untuk CJH tahun 2021, dan kita minta kepada CJH untuk mengikuti manasik haji sebelum berangkat dan selalu jaga kesehatan. Mudah-mudahan tahun ini 106 CJH ini berangkat dan tidak ditunda lagi,” harapnya. (618)