Makam Inggris Bakal Direnovasi

Dok.bengkuluekspress – kondisi situs bersejarah makam Inggris saat ini

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ada banyak situs peninggalan bersejarah dari berbagai negara di masa penjajahan yang ada di Kota Bengkulu. Keberadaannya pun menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menambah kekayaan wisata di Kota Bengkulu. Termasuk makam Inggris atau British Cemetery yang berada di Kelurahan Jitra Kota Bengkulu.

Dinas Pariwisata Kota Bengkulu pun berencana akan melakukan pengembangan wisata sejarah makam Inggris tersebut. Sebagai langkah awal, Dinas Pariwisata juga sudah mengajukan permohonan ke Kedutaan Inggris dan segera mengatur jadwal untuk dilakukan pertemuan untuk membahas pembangunan situs bersejarah tersebut.

“Kita sebenarnya sudah mengajukan permohonan ke kedutaan Inggris untuk mengembangkan peninggalan sejarah ini. Undangan dari kedutaan juga sudah sampai ke kami dan dalam waktu dekat kita akan lakukan pertemuan. Kendari direnovasi nantinya rencana kami tidak akan mengubah bentuk aslinya, kita kembangkan menjadi wisata sejarah,” jelas Kadis Pariwisata Kota Bengkulu, Amrullah, Jumat (03/12).

Rencananya di makam Inggris tersebut akan dibuat museum mini sebagai sarana belajar sejarah bagi para wisatawan yang datang. Nantinya makam inggris diharapkan menjadi destinasi wisata sejarah baru yang ada di Kota Bengkulu.

Makam Inggris menjadi bukti sejarah keberadaan peradaban Inggris di Kota Bengkulu pada masa lalu walaupun ada banyak negara lain yang juga pernah menjajah Indonesia di Bengkulu. Adanya makam Inggris yang di revitalisasi ini nantinya juga bisa mempermudah warga keturunan Inggris yang ada di Bengkulu untuk melakukan ziarah ke makam nenek moyangnya. (Imn/adv)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*