Magang Sambil Jualan Demi Penuhi Kebutuhan

Iman/ BE – Empat siswi SMK Kelautan dan Perikanan Bengkulu saat menjajakan ikan salai buatannya ke Graha Pena Bengkulu Ekspress, Kamis (30/12)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Siswi kelas IX SMK Taruna Kelautan dan Perikanan Bengkulu memasarkan atau menjual ikan salai yang mereka produksi di tempat magangnya. Mereka adalah Vera Aulia, Olivia, Wahyuni dan Devi Lestari yang berjualan demi untuk memenuhi biaya kebutuhan sekolah.

Siswi warga Bengkulu Tengah ini pun juga mencari rupiah demi membayar sewa kos-kosan yang ditempatinya agar dekat dengan sekolahnya.

Ikan salai yang mereka jual dan produksi sendiri selama magang pun tergolong berkualitas baik. Per seperempat kilonya dijual Rp 35 ribu yang disetorkan ke pemilik tempat produksi ikan salai sebesar Rp 20 ribu dan sisanya adalah keuntungan mereka yang diberikan oleh pemilik ikan salai.

Selain mendapat ilmu, mereka juga bisa mendulang rupiah untuk menunjang kebutuhan sekolah. Mengingat beberapa dari siswi ini orang tuanya sudah tak bisa bekerja karena terkena serangan stroke, bahkan ada juga yang sudah tak memiliki sosok ayah atau bisa dibilang tergolong berasal dari keluarga kurang mampu.

“Keuntungan dari jualan ikan salai ini untuk kebutuhan kami sehari-hari, untuk penunjang biaya sekolah, untuk bantu biaya kos juga. Karena orang tua kami ada yang sakit, ada yang ayahnya sudah tidak ada. Tapi kami juga ingin tetap sekolah. Alhamdulillah juga dari pihak sekolah kami yang tergolong dari keluarga kurang mampu dapat diringankan untuk biaya sekolahnya,” kata Vera saat mendatangi Graha Pena Bengkulu Ekspress sembari menjajakan dagangannya ke salah satu Manager di Bengkulu Ekspress, Kamis (30/12).

Semangat belajar mereka lantas mendorong mereka untuk membantu orang tua dengan setidaknya meringankan kebutuhan biaya selama tinggal di kos-kosan dekat sekolah. Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan 2,5 kilogram ikan salai yang dipecah per seperempat kilogram. Mereka pun memiliki cita-cita yang sama seperti anak lainnya untuk sukses dan bisa membanggakan kedua orang tuanya dalam mengangkat derajat keluarga. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*