Lima Calon Rektor IAIN Sudah Sampaikan Visi Misi, Terpilih adalah yang Terbaik

FOTO HUMAS IAIN CURUP/BE – Lima calon Rektor IAIN Curup disela-sela penyampaian visi dan misi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sampai sejauh ini seleksi Calon Rektor IAIN Curup yang diselenggarakan Dirjen Pendis Kemenag RI mulai 31 Maret – 2 April 2022 lalu, sudah memasuki tahapan akhir.

Dari sejumlah pendaftar ada 5 orang yang sudah lolos seleksi administrasi oleh timsel dan uji kualifikasi di hadapan Senat IAIN Curup.

“Sebagaimana telah kami beritakan sebelumnya bahwa ada 7 calon rektor yang diajukan ke Kemenag RI Jakarta, namun yang mengikuti seleksi hanya 5 orang yaitu Prof Dr Idi Warsah MPdI, Dr Yusefri MAg, Dr Muhammad Istan MM MPd, Dr Hendra Harmi MPd dan Dr Hj Jumira Warlizasusi MPd. Sedangkan Dr Rahmad Hidayat MAg MPd dan Dr Hariya Toni MA batal mengikuti seleksi disebabkan sakit,” ujar Koordinator Kerjasama dan Humas IAIN Curup, Ibnu Amin, Jumat (8/4).

Bagaimana alotnya proses seleksi tersebut, calon rektor IAIN Curup diminta mempresentasekan visi dan misi pengembangan IAIN Curup ke depan di hadapan 7 orang penguji yaitu Dirjen Pendis, Sekjen Kemenag RI, dan 5 Unsur Perguruan Tinggi mewakili Ormas yang ditugaskan oleh Menteri Agama kemudian dilakukan pendalaman oleh oleh penguji. Khusus pengalaman setelah presentase diminta menyampaikan closing statemen.

SepertiĀ  salah satu calon Prof Dr Idi Warsah MPdI menyatakan, apabila mendapat amanah dari menjadi rektor dia akan menjadi leader yang melayani dan bukan typical bos yang minta dilayani dengan menerapkan pola kepemimpinan spritual leadership bukan transaksional leadership.

Ibnu Amin menambahkan, semua calon mengusung isu perubahan dan peningkatan status institusi, terkait siapakah yang akan menjadi Rektor IAIN untuk 4 tahun kedepan yang jelas adalah yang terbaik dari yang terbaik.

“Kalau berpedoman kepada KMA No. 15447/2018 tentang pengangkatan Dr Rahmad Hidayat MAg MPd sebagai rektor masa jabatan 2018-2022 akan berakhir tanggal 18 April 2022, artinya tinggal menghitung hari IAIN Curup akan mempunyai Rektor baru untuk masa jabatan 2022-2026. Siapa yang dilantik Menag nantinya beliaulah rektor yang terbaik dan harus didukung oleh segenap civitas akademika untuk menahkodai kampus tercinta 4 tahun kedepan,” demikian ujar Ibnu Amin.

Berikut Visi dari masing-masing calon sebagai berikut:

1) Idi Warsah mengusung visi akan menjadikan IAIN Curup sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang unggul berlandaskan Islam moderat melalui aksi nyata menjadikan IAIN Curup sebagai pusat transpormasi intelektual,moral dan spritual, tridharma perguruan tinggi dan transpormasi ke UIN.

2) Yusefri ingin mewujudkan IAIN Curup sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi dan berkarakter Islam wasathiyah (Moderat) menjabarkan melalui tata kelola dan tata pamong perguruan tinggi yang demokratis, akuntabel dan transparan, membangun sistem belajar MBKM yang moderat, riset dan pengabdian masyarakat.

3) Muhammad Istan mengusung visi dan misi sama dengan Idi Warsah.

4) Hendra Harmi bertekad menciptakan kampus moderat, kolaboratif dan responsif terhadap penguatan kelembagaan melalui tridarma perguruan tinggi, manajemen riset serta pengembangan kerjasama yang moderat, kolaboratif dan responsif.

5) Jumira Warlizasusi ingin menjadikan kampus yang unggul sebagai pusat kajian moderasi beragama dan memiliki kepemimpinan yang egaliter, transpormatif dan akuntabel di Asia Tenggara tahun 2045 melalui penguatan moderasi Islam, tridarma perguruan tinggi, institusi yang BLU, transpormasi ke UIN, penambahan prodi saintek, peningkatan jumlah mahasiswa, manajerial terhadap alumni, green kampus dan suasana akademik yang egaliter.(Humas/Cik8).