Launching Buku Keris Nusantara

BENGKULU, BE – Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Guntur Setyanto MSi melaunching buku Didactic Values Nusantara Hilt, Kamis (25/11) malam. Buku tentang keris nusantara itu dilaunching Kapolda sebagai bentuk dedikasinya dan kecintaannya terhadap keris. Karena keris punya filosofi dan artistik nenek moyang Indonesia yang dituangkan dalam hulu keris.
“Satu set keris mengandung banyak titik temu. Sejalan dengan negeri Indonesia yang punya segudang potensi dari Sumatera hingga Papua, ” ujar Kapolda dalam sambutannya.


Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengapresiasi setinggi-tingginya launching buku tersebut. Terlebih lagi Kapolda yang sudah mendalami keris sejak remaja, puncaknya melaunching buku di Bumi Rafflesia. Agenda kegiatan syarat akan nilai, ada tiga perpaduan budaya. Dol Bengkulu dengan perpaduan tarian papua saat penyambutan.
“Bentuk penghormatan kita pada pahlawan kusuma bangsa. Malam penuh nilai dengan ilmu pengetahuan, buku yang dilaunching Kapolda wujud nyata untuk ilmu bagi generasi muda,” ujar Gubernur.
Selain lounching buku, pagelaran wayang dengan dalang Ki Catur Genyek Kuncoro. Pagelaran wayang mengambil tema Bebaris Keris Kyai Ageng Bondoyudo Pangeran Diponegoro. Pagelaran wayang itu menceritakan sejarahkeris bondoyudo milik Pangeran Diponegoro. Bersamaan dengan itu banyak sekali pertanyaan tentang keris bondoyudo yang diceritakan ikut dikubur saat pangeran Diponegoro wafat pada tahun 1855.(Riz)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*