Lampu Lalulintas Padam Semua

TAK BERFUNGSI: Lampu lalu lintas jalan di simpang 4 Tanah Lapang ini sudah lama tidak berfungsi lagi.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Meskipun di beberapa titik persimpangan ada lampu lalu lintas atau traffic light. Hanya saja tidak ada satu titik pun yang berfungsi. Padahal saat ini kendaraan sudah ramai melintas. Dikhawatirkan dapat menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas di simpang tersebut.

“Tidak ada satupun lampu jalan di BS yang berfungsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bengkulu Selatan (BS), Alian SH.

Dikatakan Alian, simpang-simpang yang selalu ramai lalu lintas seperti simpang Rukis, simpang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, simpang Rasuwi dan simpang 4 Tanah Lapang. Hanya saja lampu jalan di titik-titik rawan tersebut sudah lama mati. Bahkan untuk perbaikan lampu jalan, Alian mengaku pihaknya sudah sering mengusulkannya, namun belum juga terealisasi.

“Kami selalu usulkan perbaikan lampu jalan ini, namun sampai saat ini masih belum juga ada perbaikan,” ujarnya.

Dijelaskan Alian, untuk perbaikan lampu jalan, pihaknya sudah mengusulkan melalui forum rapat melibatkan dewan dan pihak tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Anggaran perbaikan lampu jalan tersebut dibutuhkan sebesar Rp 1 miliar. Sehingga dirinya berharap nantinya anggaran tersebut bisa dianggarkan dalam APBD BS.

“Semoga nanti bisa dianggarkan pada APBD dana untuk perbaikan lampu jalan,” harapnya.

Alian menambahkan, berdasarkan UU No 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan bahwa lampu merah alat pemberi isyarat lalu lintas yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki, dan tempat arus lalu lintas yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah.

Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar arus yang ada. Untuk itu, mengingat saat ini lampu jalan di BS nasih rusak, dirinya mengimbau pengendara yang melintas di persimpangan tersebut dapat selalu waspada, agar tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas di persimpangan jalan.

“Saat melintas di persimpangan, saya harap agar selalu hati-hati agar tidak terjadi tabrakan,” imbau Alian. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*