KPU Seluma: Debat Paslon, Peserta Dibatasi

TAIS, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Debat kandidat antara Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Seluma akan digelar pada 13 November dan 22 November mendatang.

Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi SE M. Ak mengatakan bahwa, debat nantinya dilaksanakan terbuka, namun karena kondisi pademi Covid 19. Maka peserta yang ada di dalam ruangan dibatasi. Untuk peserta debat nantinya yaitu, 5 orang Komisoner KPU, 2 orang dari Bawaslu. Satu orang perwakilan pemateri dan Paslon 6 orang. Tim kampanye 12 orang.

“Masing-masing tim kampanye 4 orang per Paslon. Nanti Debat dilaksanakan dua kali,” ujarnya.

Menurutnya, pada debat ini nantinya juga melibatkan pemateri dari akademisi 5 orang. Masing-masing dari Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pemateri ini lah yang nantinya akan mengajukan pertanyaan ke masing-masing Paslon dalam debat yang digelar nantinya.

“Pertanyaannya belum bisa kita sampaikan seputar apa. Nanti pas debat baru diketahui,” jelasnya.

Sementara itu, ada dua usulan pertanyaan dari perwakilan masyarakat. Yaitu dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Bengkulu dan Jaringan perempuan Bengkulu. Usulan pertanyaan ini disampaikan ke pemateri. Kalau materi mau memasukkan itu. Nanti akan ikut ditanyakan pada masing-masing Paslon. Namun, jika menurut pemateri itu tidak penting, maka tidak akan dimasukkan dalam materi debat.

“Kita masih menunggu, jika masih ada usulan pertanyaan dari masyarakat. Sekarang baru ada dari dua lembaga itu,” tandasnya.

Rencananya, debat akan digelar di salah satu hotel di Kota Bengkulu. Alasannya, karena di kabupaten Seluma tidak ada tempat yang respentetatif untuk lokasi debat. Ditambah lagi mengenai keamanan saat waktu debat digelar. (333)