Kota Pertama Capai Target UHC di Provinsi Bengkulu

Foto SUARY/BE : Foto bersama setelah launching UHC

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Kota Bengkulu yang pertama mencapai Universal Health Coverage sebesar 96,18% dari total penduduk Kota Bengkulu.

Hal ini diketahui launching Universal Health Coverage (UHC) JKN KIS di Berendo Kota Bengkulu, Jumat (20/5). Hadir dari BPJS Kesehatan yakni Deputi Direksi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Bangka Belitung Dr. Siti Farida Hanum AAK, Wakil Walikota Bengkulu Dr. Dedi Wahyudi MM, Kepala BPJS Provinsi Bengkulu dr. Adian Fitria.

Dalam sambutannya Siti Farida Hanum menyampaikan, Kota Bengkulu menjadi yang pertama di Provinsi Bengkulu yang berhasil mencapai target kepesertaan JKN KIS dari minimum sebesar 95% sesuai dengan RPJMN dan Kota Bengkulu telah mencapai 96,18% dari total penduduk.

“Kota Bengkulu menjadi yang pertama di Provinsi Bengkulu mencapai target UHC yaitu 96,18% dari total penduduk Kota Bengkulu,” ungkap Siti.

Hal ini tertuang di dalam RPJMN yang menargetkan hingga tahun 2024 kepesertaan JKN KIS Nasional Sebesar 98% dari total penduduk Indonesia.

“Sesuai RPJMN Presiden menargetkan 98% cakupan kepesertaan JKN KIS secara Nasional dan Bengkulu tinggal sedikit lagi mencapai 98% hingga 2024,” sambung Siti.

Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi menyampaikan, capaian UHC ini adalah salah satu komitmen serius dari Pemkot untuk hadir di tengah – tengah masyarakat.

“Capaian ini adalah salah satu bentuk kehadiran Pemerintah ditengah-tengah masyarakat,” ujar Dedi.

Sementara Plt Kepala Dinas Kota Bengkulu Sri Martiana menyampaikan kepesertaan JKN KIS di Kota Bengkulu sudah sebesar 360.363 ribu jiwa dari total populasi penduduk Kota Bengkulu sebanyak 374.694 ribu jiwa.

“Kepesertaan JKN KIS Kota Bengkulu saat ini sebesar 360.363 jiwa dari 374.694 penduduk di Kota Bengkulu,” jelas Sri.(CW3/SUARY)

 



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*