Kopi Bermani Binaan BI Wakili Bengkulu

IST/BE
Dua UMKM binaan KPw Bank Indonesia Bengkulu turut serta dalam kegiatan Festival Kopi Nusantara dalam kegiatan Jakarta Kreatif Festival di Mall Sarinah Jakarta.

 

CURUP, BE- Setelah sebelumnya mengikuti event internasional di Istanbul Turki. Kali ini kopi bermani atau bermani coffee mewakili Bengkulu dalam ajang festival kopi nusantara di Jakarta.
Manajer Fungsi Pengembangan UMKM dan Ekonomi Syariah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Ilham Winoto mengungkapkan kegiatan Festival Kopi Nusantara tersebut merupakan bagian dari kegiatan Jakarta Kreatif Festival yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

“Selain Bermani Kopi, juga ada Kopi Lestari yang juga dari Rejang Lebong yang kita bawa dalam ajang festival kopi nusantara ini,” terang Ilham.

Kedua kopi asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut diikutkan dalam ajang festival kopi nusantara, selain karena keduanya merupakan pelaku UMKM yang berada dibawah binaan KPw Bank Indonesia Provinsi Bengkulu. Kedua kopi tersebut juga telah lolos kurasi baik yang dilakukan KPw BI Provinsi Bengkulu maupun KPw BI Provinsi DKI Jakarta.

“Sebelumnya ada beberapa kopi yang kita siapkan namun yang lolos kurasi dua kopi ini, sesuai dengan jumlah kuota yang disiapkan panitia,” tambah Ilham.

Lebih lanjut Ilham mengungkapkan, dalam Festival Kopi Nusantara tersebut dari pulai Sumatera hanya ada dua provinsi yang hadir yaitu Aceh dan Bengkulu. Bengkulu menurutnya beruntung karena mendapat dua kouta UMKM.

Dengan mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Mall Sarinah Jakarta dari tanggal 16 sampai 18 Juni ini, Ilham berharap kedepannya kopi Bengkulu bisa sejajar dengan kopi dari daerah lain.
Selain itu dari kegiatan tersebut ia juga berharap bisa memperluas jaringan pasar dua kopi tersebut. Karena yang hadir dalam festival kopi nusantara bukan hanya pencinta kopi namun juga pengusaha cafe kopi se-DKI Jakarta yang diundang oleh panitia. Hadirnya para pengusaha cafe kopi tersebut nantinya bisa mengambil bahan baku dari kopi Bengkulu.

Sementara itu, Owners Bermani Coffee, Haris Gunawan menyampaikan terima kasihnya kepada KPw Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang telah mempercayakan Kopi Bermani untuk ikut dalam festival kopi nusantara di Jakarta.

“Terima kasih kepada Bank Indonesia Bengkulu yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk lebih mengenalkan kopi bermani sebagai kopi asli Bengkulu,” sampai Haris.
Haris berharap, dengan hadirnya Kopi Bermani dalam ajang festival kopi nusantara tersebutkopi bermani bisa semakin dikenal. Tak hanya kopi bermani yang semakin dikenal, namun kopi Bengkulu maupun Bengkulu secara luas semakin dikenal.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*