Kontingan Fornas Bengkulu Dilepas

Foto Suary/BE : Foto Bersama Kadispora Provinsi Atisar Sulaiman bersama atlet Fornas usai pelepasan di Balai Raya Semarak Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman, S.Ag, MM melepas kontingen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke – VI di Balai Raya Semarak yang akan digelar di Sumatera Selatan pada tanggal 1 sampai 7 Juli 2022.

“Untuk keberangkatan para kontingen dilakukan secara mandiri, jadi ada yang dari Kota Bengkulu, ada yang langsung dari Kabupaten Rejang Lebong dan langsung dari Kabupaten Bengkulu Selatan,” ungkap Atisar, Rabu (29/6).

Atisar juga menyampaikan agar Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Bengkulu agar menyiapkan atlet untuk keberangkatan Fornas tahum 2023 yang akan diselenggarakan di Jawa Barat dengan baik.

Hal tersebut dikarenakan Fornas VI merupakan event 2 tahun sekali dan seharusnya diselenggarakan tahun kemarin, tetapi terhalang akibat Covid – 19 sehingga baru bisa dilaksanakan tahun ini.

“Tahun depan Fornas yang akan digelar di Jawa Barat agar Kormi Bengkulu dapat mempersiapkannya, yang tahun ini karena ada kemunduran seharusnya tahun,” kata Atisar.

Selain itu Sekretaris Kormi Bengkulu Meryani memyampaikan pihaknya mengirim sebanyak 18 Induk Organisasi Cabor (Inorga).

1. 18 Inorga tersebut PORTINA (Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia) sebanyak 89 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

2. APPBSI (Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia) 14 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

3. ASIAFI (Asosiasi Instruktur Aerobik dan FItness Indonesia) 1 orang

4. FESPATI (Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia) 12 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

5. IOSKI (Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia) 15 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

6. ABI (Assosiasi BMX Indonesia) 2 orang

7. ALTI (Asosiasi Lari Trail Indonesia) 2 orang, IOF (Indonesia Offroad Federation) 8 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

8. KBI (Komunitas BEPers Indonesia) 15 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

9. KIS (Komunitas Indonesia Skateboard) 6 orang

10. PERSSOCI (Perkumpulan Street Soccer Indonesia) 12 orang

11. PELANGI (Perkumpulan Pelayang Indonesia) 6 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

12. ASKI (Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia) 8 orang

13. FOKBI (Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) 19 orang

14. YJI (Yayasan Jantung Indonesia) 18 orang,

15. IESPA ( Indonesia E-Sport Association) 15 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official, 16. PSOBI (Perkumpulan Seni Olahraga Benjang Indonesia) 11 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official

17. KPSN (Keluarga Pencak Silat Nusantara) 6 orang ditambah juga dengan 8 orang perwakilan KORMI yang totalnya ada 267 orang atlet.S ebagian besar berasal dari Kota Bengkulu kemudian dari Kabupaten Bengkulu Selatan ada 28 orang atlet dan Kabupaten Rejang Lebong ada 80an atlet yang pagi tadi langsung berangkat dari kabupaten masing – masing langsung ke Sumatera Selatan.

Selain itu Meryani juga menyampaikan bawha Kormi Bengkulu yang masih tergolong baru sehingga ini pertama kalinya mengirim atlet untuk ajang perlombaan, sehingga belum mendapatkan alokasi dana dari Pemprov untuk memberangkatkan atlet pada Fornas VI ini.

“Karena ini pertama kalinya Kormi mengikuti Fornas jadi belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah, untuk keberangkatan ada yang naik mobil pribadi, naik bus dan juga naik kereta api dari Linggau,” ujar Meryani.

Karena didanai secara mandiri maka penginapan atlet ada dihotel, sebagian melakukan penyewaan rumah pelayanan sosial, sedangkan untuk Inorga KBI mendapatkan penginapan di mess BKKBN Palembang dan dari Bengkulu Selatan menginap di Wisma Sumatera Selatan.

“Untuk penginapan ada yang di Hotel, untuk yang KBI di Mess BKKBN kemudian dari Bengkulu Selatan Wisma Sumatera Selatan dan juga ada beberapa sewa home care,” tutup Meryani.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*