Kesadaran Prokes Masyarakat Kunci Ubah Status Pandemi ke Endemi

 Ist/BE – Penerapan Prokes di tengah aktifitas masyarakat mejadi kunci Covid-19 menjadi endemi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menggencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya persiapan perubahan status Pandemi Covid-19 menjadi Endemi. Terkait hal itu, Pemkot Bengkulu menyambut baik rencana tersebut.

Harapannya, masyarakat bisa lebih leluasa dalam beraktivitas, dan pemulihan ekonomi bisa berjalan kembali. Dalam hal ini, semua masyarakat harus saling gotong royong dalam penanganan pandemi Covid-19 dan persiapan menuju transisi pandemi ke endemi.

“Kemarin kita sudah ada surat edaran sesuai dengan surat dari pak presiden. Untuk di outdoor itu sudah bebas sekarang tidak perlu pakai masker, kemudian juga untuk pertemuan di dalam itu tidak dibatasi lagi tapi disarankan pakai masker. Artinya ini sudah turun status dari pandemi menjadi endemi, tinggal lagi kita memang betul-betul tetap mengusahakan jangan sampai virus ini kembali terulang makanya kita tetap jaga protokol kesehatan (Prokes),” ujar Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, Selasa (24/5).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebagaimana dikutip dari laman IndianExpress menyatakan, penyakit endemi terjadi ketika kehadiran atau prevalensi biasa dalam populasi bersifat konstan. Adapun jika kasus mulai meningkat, maka akan diklasifikasikan sebagai Epidemi. Adapun jika Epidemi tercatat di beberapa negara dan wilayah, maka disebut dengan Pandemi.

Kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sudah melandai dan pertambahan kasus dan angka kematian akibat virus corona ini juga semakin menurun tiap harinya. Dengan diberlakukannya status Pandemi ke Endemi nantinya, diprediksi pembiayaan perawatan pasien Covid-19 yang selama ini ditanggung langsung oleh pemerintah akan dialihkan ke BPJS Kesehatan. Nantinya, pengobatan Covid-19 dengan BPJS Kesehatan juga akan dilakukan sesuai golongan keanggotaan. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*