Kaur Dapat Jatah Sapi Kurban dengan Berat 1 Ton dari Presiden

Foto IST/ BE – Sapi Kurban dari Presiden RI Joko Widodo untuk Provinsi Bengkulu pada Idul Adha tahun 2020 lalu.

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Jika tidak ada kendala pada hari raya Idul Adha mendatang, Presiden Jokowi akan memberikan bantuan sapi kurban untuk salah masjid di Kabupaten Kaur.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Dr. E. Syarifudin, S.Sos.,M.Si mengatakan, bahwa pihaknya sudah mendapatkan konfirmasi dari sekretariat kepresidenan bahwa sapi kurban Presiden Jokowi dibeli dari peternak di Kabupaten Bengkulu Selatan dengan berat 1 ton.

“Sudah dikonfirmasi dari sekretariat presiden bahwa sapinya berasal dari Manna dan penerimanya itu salah satu masjid di Kabupaten Kaur dengan berat 1 ton,” ungkap Syarifudin, Selasa (21/6).

Selain itu Syarifudin juga menyampaikan pihaknya hanya melakukan survei yang kemudian memberikan tiga opsi terbaik yang dikirim ke sekretariat Presiden, sedangkan untuk kesepakatan harga dan mekanisme pembayaran pihaknya tidak mengetahui karena langsung dari sekretariat kepresidenan.

“Kemarin kita sodorkan 3 opsi sapi dan dari pihak istana langsung yang membuat kesepakatan dengan pemilik ternak, kita hanya melakukan survei,” jelasnya.

Dalam situasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini sudah ada di Bengkulu untuk hewan kurban juga ikut diperketat termasuk sapi kurban Presiden Jokowi sudah melalui proses screening kesehatan dari dinas terkait sehingga dipastikan sehat dan bebas dari penyakit.

“Dalam situasi PMK ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah memperketat untuk kurban, termasuk Sapi tersebut sudah discreening oleh dinas Kesehatan Provinsi,” ujarnya.

Syarifudin juga mengatakan bahwa sapi kurban Gubernur juga dalam proses saat ini oleh dinas terkait terkait jumlah kurban dan penentuan lokasinya. hingga saat ini baru dua lokasi yang dipastikan yaitu, Rutan Kelas II B malabero dan Masjid Raya Baitul Izzah.

“Gubernur sudah menerbitkan edaran, kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penentuan lokasi untuk kurban pak Gubernur, untuk saat ini baru dipastikan di Rutan Kelas II B malabero untuk lokasi lain masih kita survey dan beberapa diarahkan ke masjid raya baitul izzah, 4untuk berapa banyak kita masih koordinasi,” tutup Syarifudin.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*