KAHMI Siapkan Kader HMI Jurnalis Masa Depan

Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Bagi Kader HMI.

Eko/BE
Mejalis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bengkulu melalui Biro komunikasi dan informatika bersama Forum Komunikasi wartwan KAHMI Bengkulu, menggelar pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bagi Kader HMI.

BENGKULU,  BE – Sebagai upaya pengembangan kompetensi bagi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).  Mejalis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bengkulu melalui Biro komunikasi dan informatika bersama Forum Komunikasi wartwan KAHMI Bengkulu, menggelar pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bagi Kader HMI.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun SDM Melalui Kaderisasi HMI Wujudkan Insan Jurnalis Masa Depan” ini dibuka langsung oleh Presidium MW KAHMI provinsi Bengkulu Zacky Antoni.  Kegiatannya  dihadiri Ketua Biro Komunikasi dan Informatika, Eko putra membara,  Ketua Forum Komunikasi wartawan KAHMI Bengkulu Safran Ansyori.  Pelatihan diikuti 20 peserta dari delegasi 11 komisariat HMI dan dilaksanakan di Balai Latihan Koperasi UKM Provinsi Bengkulu, Sabtu (02/7)

Dalam sambutan Presidium MW KAHMI Bengkulu, Zacky Antoni , mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Biro Komunikasi dan Informatika dengan Forum Komunikasi Wartwan KAHMI Bengkulu. Karena ,pelatihan ini sudah sejak lama diwacanakan dan telah masuk dalam program KAHMI Bengkulu.

“Alhamdulillah, kegiatan pelatihan ini sudah direalisasikan,” ungkap Zacky.

Ditegaskannya, pelatihan ini sebuah kesempatan luar biasa bagi kader HMI. Kerena tidak semua orang mendapatkan pelatihan jurnalistik. Bahkan tidak semua wartawan telah mengikuti pelatihan jurnalistik. Sehingga sering ditemukan penulisannya banyak yang tidak sesuai dengan standar jurnalistik.

“Pelatihan Jurnalistik Ini sangatlah jarang laksanakan bahkan jika ada kita bayar, dan tidak semua wartawan yang ada sudah pelatihan Jurnalistik sehingga sering penulisan diberitanya masih banyak salah ” beber Zacky.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini juga memberikan softskill atau kompetensi bagi kader HMI. Harapannya, ilmu yang didapat bisa digunakan setelah para mahasiswa dari kader HMI ini tamat kuliah.

“Softskill seperti ini sangat berguna ketika sudah menyelesaikan kuliah saat memasuki dunia kerja. Pelatihan ini sangat bermanfaat kedepannya” kata Zacky

Ketua Biro Komunikasi dan Informatika MW KAHMI Provinsi Bengkulu, Eko Putra Membara menyampaikan, persiapan pelatihan sudah dilakukan sejak satu bulan lalu. Mulai dari penjaringan peserta dan menetapkan tempat hingga mencari dukungan untuk kegiatan.

“Kegiatan ini sudah diwacanakan sejak sebulan  lalu dan kita sudah didukung oleh presidium, baik dalam tempat, konsumsi dan pemateri juga dari presdium dan senior HMI,” pungkas Eko.

Untuk diketahui, materi pelatihan jurnalistik tingkat dasar KAHMI Bengkulu ini dengan materi tentang teknik penulisan oleh Zacky Antoni ahli Pers Dewan, mantan Ketua PWI Provinsi Bengkulu sekaligus Presidium MW KAHMI Bengkulu.

Kemudian, pemateri teknik wawancara oleh Ricky Dwi Putra, selaku pemimpin redaksi Harian Rakyat Bengkulu, sekaligus Ketua Biro Politik Otonomi Daerah dan Pembangunan Daerah MW KAHMI Provinsi Bengkulu. Terakhir pemateri teknik peliputan oleh Safran Ansyori, selaku kontributor Metro TV di Bengkulu, sekaligus Ketua Forum Komunikasi Wartawan KAHMI Bengkulu. (RLS).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*