KAD Percepat Pembangunan

Ramadhan Syakirin MPd

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Pihak Pemerintahan Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan dipastikan akan melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu Selatan (BS). Rencananya Selasa (23/11) akan dilakukan pertemuan di Balai Sekundang, Manna. Rencananya Kerjasama Antar Daerah (KAD) ini untuk kemajuan masing-masing daerah.

“Adanya KAD nantinya diharapkan mampu mempercepat pembangunan di daerah,” kata Kabag Tata Pemerintahan Pemda BS, Ramadhan Syakirin MPd.

Dikatakan Ramadhan, KAD BS dengan Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat merupakan kerja sama regional. Kemudian dibuatkan Memorandum of Understanding (MoU). Dengan adanya MoU nanti, ke-3 daerah tersebut dapat lebih proaktif dan berinovasi dalam rangka mengembangkan serta mengoptimalkan semua potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

“MoU nanti akan ditandatangi di BS pada 23 November ini,” ujarnya.

Dijelaskan Ramadhan, adanya MoU nanti diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Adapun bentuk KAD yang akan dilakukan ke-3 daerah tersebut yakni mulai dari peningkatan dan pembangunan infrastruktur, peningkatan Mitigasi Bencana, pengembangan promosi perdagangan dan UMKM, pengembangan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, ketahanan pangan, pertanian dan perikanan. Selain itu juga untuk pengembangan pendidikan, peningkatan kesehatan, pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dan pengembangan dan penguatan komunikasi dan informatika serta kegiatan – kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak ini nantinya.

“Tentu adanya KAD ini diharapkan nantinya ke-3 daerah tersebut dapat semakin maju,” beber Ramadhan.

Dijelaskannya, KAD tersebut didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan. Sehingga nantinya perekonomian masyarakat di 3 daerah tersebut semakin meningkat dan pembangunnya semakin maju.

“Semoga nantinya MoU nanti memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah,” harap Ramadhan. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*