Jelang Idul Adha, Ketersediaan Pangan di Bengkulu Masih Mencukupi

FOTO IST / Suasana Pasar Panorama

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Bengkulu melakukan pemantauan bahan kebutuhan pokok bersama Badan Urusan Logistik (Bulog), Dinas Ketahanan Pangan, Satuan Tugas Pangan, Dinas Peternakan dan Keswan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Kepala Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M.Si saat diwawancarai dikantornya usai melakukan pemantauan di lapangan mengatakan, hasil pantauan pihaknya ketersediaan bahan pangan di Pasar Panorama dan Pasar Minggu Kota Bengkulu masih mencukupi hingga Idul Adha.

“Tadi pagi kami melakukan pengawasan ke lapangan bersama Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Satgas Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta BPOM dan kami melihat bahwa ketersediaan pangan mencukupi hingga Idul Adha,” ungkap Yenita, Kamis (7/7).

Akan tetapi pihaknya melihat rata – rata harga komoditas masih tinggi beberapa komoditas seperti daging yang memang sejak hari raya Idul Fitri yang lalu masih tinggi. Sedangkan yang mengalami peningkatan tinggi adalah Cabe yang rata – rata mencapai harga Rp. 110.000 di pasaran.

“Hanya saja kami melihat beberapa komoditas masih tinggi, seperti daging rata – rata masih di harga Rp 140 ribu sejak Idul Fitri kemarin dan yang melonjak tinggi itu cabai yang rata – rata mencapai Rp 110 ribu,” jelas Yenita.

Dia juga menyampaikan, kenaikan harga cabai yang cukup signifikan terjadi karena ketersediaan stok yang terbatas yang diakibatkan oleh pengaruh cuaca dan petani pada masa pandemi Covid-19 kemarin banyak tidak menanam cabe. Hal tersebut hasil dari koordinasi pihaknya dengan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

“Untuk cabai sendiri hasil koordinasi kita dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu kenaikan yang terjadi karena ketersediaan yang terbatas akibat pengaruh cuaca dan petani pada masa Covid – 19 banyak tidak menanam cabai,” ujar Yenita.

Setelah panen raya Yenita memperkirakan harga cabai akan kembali normal, ditambah lagi cuaca saat ini sudah dalam kondisi baik. “Tapi setelah panen raya nantinya kita perkirakan harga Cabe akan kembali normal, apalagi cuaca saat ini sudah membaik,” tutup Yenita.(CW2/Suary).