Jelang Idul Adha, Kesehatan Ternak Dicek

Foto Suary/BE : Peternak bersama petugas dinas keswan melakukan pengecekan mulut sapi

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu melakukan pengecekan kondisi hewan kurban di peternakan milik masyarakat di Kelurahan Kebun Tebeng, Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. M. Syarkawi., MT mengatakan bahwa, hal ini untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan untuk Idul Adha bebas dari penyakit, khususnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Terdapat 60 ekor ternak sapi yang disiapkan untuk kurban semuanya dinyatakan sehat setelah dilakukan pemerikasaan khususnya di bagian kaki, mulut dan hidung.

Sehingga nantinya pihaknya akan memberikan surat keterangan sehat hewan ternak sebagai salah satu syarat agar tersebut dapat dibawa H – 1 Idul Adha kepada pembelinya, selain surat keterangan asal ternak. Selain itu dia juga mengatakan bahwa rata – rata ternak disana telah dibeli lebih dari 6 bulan yang lalu, yang berarti jauh sebelum PMK marak di Bengkulu.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan seluruh sapi dan belum ada kita melihat adanya gejala PMK, jadi nanti kita akan berikan surat keterangan sehat hewan. Kami lakukan pengecekan sebelum nanti hewan kurban ini akan disebarkan H-1 idul adha, sapi yang ada disini rata – rata sudah 6 bulan lebih dipelihara, jauh sebelum PMK masuk ke Bengkulu,” ujar Syarkawi, Senin (4/7).

Syarkawi juga mengatakan bahwa pengecekan menjelang Idul Ajuga dilakukan oleh seluruh Dinas Peternakan di tingkat kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

“Untuk daerah lain juga sama, seluruh tim kita tingkat kabupaten kota melakukan pengecekan hewan untuk kurban,” tutup Syarkawi.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*