Jelang Idul Adha, Dewan Minta PMK Segera Ditanggulangi

Foto Suary/BE : Edi Ramli Anggota Komisi II Saat diwawancarai wartawan diruangannya

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Edi Ramli minta dinas terkait untuk melakukan langkah – langkah efektif segera untuk menanggulangi kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada ternak di Provinsi Bengkulu yang semakin meningkat.

“Kita mengimbau dengan dinas terkait untuk segera melakukan langkah – langkah efektif untuk mengatasi PMK yang kian meluas ini,” ungkap Edi, Kamis (30/6).

Edi juga menyampaikan pihaknya beberapa waktu yang lalu sudah melakukan kunjungan dilapangan untuk meninjau langsung kasus PMK dibeberapa wilayah dan sudah meminta petugas dilapangan untuk dapat segera mendeteksi dan memisahkan antara hewan yang terserang PMK dan tidak.

Apalagi menurutnya saat ini Idul Adha sudah dekat, sehingga selain untuk dijadikan hewan kurban daging sapi dan kambing menjadi salah satu buruan masyarakat dipasar. Maka dari itu sangat penting Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan segera mengambil langkah – langkah efektif secepat mungkin.

“Kami beberapa waktu yang lalu sudah melihat langsung ke lapangan dan kita sudah juga meminta petugas dilapangan untuk kasus PMK ini dapat ditanggulangi secepatnya, karena kita akan menghadapi Idul Adha jadi pasti kebutuhan daging sapi akan meningkat,” jelas Edi.

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu pada tanggal 29 Juni kemarin bahwa saat ini PMK sudah menyebar di 7 kabupaten yaitu, Kepahiang sebanyak 55 kasus, Rejang Lebong 570 kasus, Bengkulu Utara 1 kasus, Seluma 42 kasus, Bengkulu Selatan 100 kasus, Mukomuko 9 kasus dan Bengkulu Tengah 92 kasus sehinggal total kasus PMK di Bengkulu mencapai 869 kasus. Serta vaksinasi saat ini sedang dalam proses dimana baru 518 dosis vaksin yang disuntikkan pada hewan ternak.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*