Jangan Abaikan Keselamatan

Sebelum ditertibkan . Pemerintah terlebih dahulu harus mengganti alat tangkap nelayan
Foto : IST

PARA nelayan di wilayah Kabupaten Kaur, diminta melengkapi alat keselamatan saat melaut guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut. Sebab dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini, rawan terjadi kecelakaan laut.

“Sekarang ini cuaca laut selatan tergolong ekstrem. Makanya nelayan jangan abaikan keselamatan,” kata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Muljunias ST kemarin (4/9).

Dikatakannya, saat ini cuaca laut tiba-tiba berubah menyusul terjadinya gelombang tinggi disertai tiupan angin kencang. Sehingga dengan cuaca seperti itu, lanjut dia, masih berlangsung hingga beberapa hari kedepan, untuk itu nelayan maupun masyarakat yang aktivitasnya dilaut patut waspada dengan cuaca saat ini. Juga untuk memastikan keselamatan nelayan, kata dia, peralatan keselamatan harus selalu disediakan di perahu.



“Kondisi ini sangat memprihatinkan karena tidak hanya menyebabkan kerugian material, tapi juga nyawa,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga meminta kepada masyarakat Kaur untuk mewaspadai terjadinya bencana alam tanah longsor dan banjir di daerah itu. Juga jika terjadi hujan lebat dan dalam rentang waktu yang lama agar segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman terutama petani yang tinggal di kawasan perbukitan.

“Bagi pengendara yang melalui ruas jalan raya untuk tetap berhati-hati karena di beberapa titik jalan di Kaur terdapat sungai besar dan tebing yang rawan longsor, sebab kondisi seperti ini rawan,” jelasnya.(618)