Jalan Nasional di Seluma Tertutup Banjir

JEFRY/BE
Jalan nasional di Desa Pelasan, Kabupaten Seluma, yang terkena banjir

AIR PERIUKAN,BE –  Curah hujan tinggi yang terjadi terhitung dua hari terakhir mengakibatkan beberapa titik banjir parah di kabupaten Seluma. Kawasan banjir meliputi Kecamatan Air Periukan dan Talo Kecil. Naasnya  akses jalan nasional di Sukaraja dan Padang Pelasan KM 37 ikut tertutup tergenang banjir.  Dengan ketinggian satu lutut orang dewasa sehingga tak bisa dilalui kendaraan, setelah luapan air dari sungai Sindur. Alhasil pengguna jalan banyak memilih untuk mencari jalan alternatif di desa Lubuk Gilang.

“Jam 6 pagi ini air sudah mulai meluap ke badan jalan.  Mobil rendah tidak bisa melintas dan kemacetan sudah sangat panjang hingga saat ini,” sampai Warga Lubuk Gilang, Ahmad Zein kepada BE, Kamid pagi (30/6).

Disampaikan, akibat banjir ini antrean panjangpun tak terhindarkan. Alhasil, sebagian besar warga dan PNS Seluma yang berdomisili di Sukaraja dan Kota Bengkulu memilih jalan alternatif dengan roda empat dari Desa Air Periukan melalui Desa Lubuk Gilang untuk bisa sampai ke tempat kerja di Kabupaten Seluma. Dampaknya jalan di Lubuk Gilang semakin rusak, karena pengguna jalan salah memilih jalan alternatif.

“Pengguna jalan banyak salah jalan alternatif, seharusnya masuk sebelah SMA Padang pelasan,”ujarnya.

Kepala BPBD Seluma Mirin Ajib SH MH menerangkan, sejauh ini BPBD masih mendata kawasan  banjir bersama tim di BPBD. Satu persatu dilakukan pendataan di mana saja warga, yang terdampak. Termasuk desa mana saja yang tergenang banjir.  Sejauh ini belum ada korban jiwa. Namun dipastikan kerugian material lainnya juga sudah ada dan ini tengah di data.

“Kita tengah mendata desa terdampak banjir dan kerugian apa saja terjadi,”smpainya.

Mirin berharap, warga di sejumlah titik akses rawan banjir di minta waspada. Karena curah hujan masih terjadi termasuk di kawasan longsor juga di minta waspada.

“Kita minta warga waspada mengingat curah hujan masih tinggi,” harapnya.(333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*