Iuran Pelepasan Siswa Jangan Beratkan Wali Murid

Foto Ist/ Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs Sehmi MPd

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu sudah memperingatkan ke sekolah-sekolah untuk tidak memungut iuran yang memberatkan orang tua siswa dalam menggelar acara perpisahan atau pelepasan siswa. Namun nampaknya peringatan tersebut terjadi simpang siur informasi karena ada beberapa sekolah yang memutuskan untuk tidak menggelar kegiatan pelepasan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota, Sehmi M Pd mengatakan perlu dicerna mendalam peringatan yang disampaikan sebelumnya agar tidak terjadi miss komunikasi. Pihaknya tetap mengimbau agar sekolah tetap menggelar kegiatan pelepasan siswa meski di lapangan sekolah sekalipun.

“Dari informasi yang saya terima sementara tapi belum final, ada beberapa sekolah yang membatalkan menggelar perpisahan. Nah ini perlu diluruskan, yang tidak boleh itu memungut iuran yang memberatkan orang tua siswa. Boleh memungut iuran namun harus melalui kesepakatan orang tua siswa. Kita imbau pihak sekolah tetap menggelar perpisahan siswa sekolah,” jelas Sehmi, Rabu (25/05).

Menurutnya tahap masuknya siswa ke sekolah melalui proses penerimaan siswa yang di buka oleh pihak sekolah sendiri. Untuk itu, pihak sekolah juga diminta untuk menggelar kegiatan pelepasan siswa yang telah lulus usai menjalani proses belajar di sekolah tersebut seperti tradisi sekolah-sekolah biasanya.

Namun sebaliknya, Disdikbud akan memanggil pihak sekolah yang kedapatan melakukan pungutan iuran perpisahan siswa tanpa melalui kesepakatan orang tua murid. Sanksi pun akan diberikan jika setelah ditelurusi pihak sekolah terbukti melakukan pelanggaran yang dimaksud sebelumnya. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*