Ini Penyebab Suhu Udara Bengkulu Panas Beberapa Hari Ini

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Beberapa hari terakhir kita khususnya warga yang tinggal di Kota Bengkulu dan sekitarnya merasakan suhu udara sangat panas tidak seperti biasanya. Nah menurut pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu.

Prakirawan BMKG, Winda Ayu Kusumawati, SSi M menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi cuaca itu karena adanya aliran udara masa panas dari wilayah Australia serta hal ini juga didukung karena suhu SST di muka laut tinggi yang mengakibatkan suhu udara di Provinsi Bengkulu itu kering.

“Karena labilitas Kota Bengkulu ini lebih tinggi dan juga di sebelah Selatan ada laut dan di Utara ada gunung maka hal ini dapat mempengaruhi stabilitas udara di Provinsi Bengkulu,” ujar Winda ketika ditemui bengkuluekspress.com, Selasa (17/5).

Akibat pengaruh masa udara yang tidak stabil maka hal ini dapat menyebabkan sehingga di Kota Bengkulu ini sendiri terkadang mengalami cuaca panas seharian kemudian dilanda hujan malam hari karena Bengkulu sendiri berada di pinggir laut atau samudera lepas.

Winda menambahkan, perkiraan cuaca saat ini untuk Kota Bengkulu selama tiga hari kedepan yaitu cerah hingga berawan, serta dapat berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Bengkulu Utara seperti Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Seluma.

Kata Winda, meski udara panas yang memenuhi kota Bengkulu ini tidak ada pengaruh terhadap bencana alam seperti gempa bumi dan lain-lain. Hanya saja, jika cuaca sedang tidak bersahabat seperti hujan terus menerus berkemungkinan menyebabkan banjir.

Maka Winda mengimbau, kepada warga Provinsi Bengkulu untuk selalu berhati-hati ketika cuaca sedang tidak bersahabat khususnya daerah yang berpotensi hujan agar dapat melaju kendaraan dengan kecepatan normal agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.(CW1/citra)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*