Hormon Ini Bikin Tubuh Ideal

Apakah Anda mempunyai masalah hormon yang menyebabkan tidak bisa menurunkan berat badan serta gagal dalam berdiet? Nah, berikut ini tiga hormon yang menjadi kunci untuk mendapatkan bentuk dan berat tubuh ideal, serta cara mengoptimalkannya.

1. Ghrelin

“Diproduksi di perut Anda, ghrelin adalah hormon rasa lapar. Jika Anda melewatkan waktu makan, kadar ghrelin meningkat dan membuat Anda lapar, sehingga hampir tidak mungkin bagi Anda untuk menolak item makanan Anda,” kata kepala dinas kesehatan BodyLogicMD, Dr. Jennifer Landa di lama Fox News.

Dengan kata lain, tubuh Anda akan selalu sulit beradaptasi untuk makan sedikit. Dengan begitu, akan ada sinyal lapar yang terus merasuki tubuh. Inilah sebabnya mengapa mempertahankan berat badan ideal lebih sulit dibandingkan menurunkannya.

Kabar baiknya, jumlah ghrelin dalam tubuh bisa dikurangi. Olahraga berintensitas tinggi seperti aerobik, kickboxing atau jogging bermanfaat menurunkan tingkat ghrelin. Itulah sebabnya latihan fisik merupakan kunci utama dalam menghilangkan lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Leptin

Hormon ini dilepaskan oleh sel-sel lemak. Leptin berinteraksi dengan otak, memerintahkan tubuh untuk makan lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori. Semakin banyak lemak tubuh yang Anda miliki, kian besar juga jumlah leptin yang dilepaskan. Kondisi ini disebut leptin resistance.

Jangan menganggap ini kondisi yang baik. Sebab, jika dilepaskan dalam jumlah berlebihan, otak justru menjadi kebal dengan sinyal leptin. Untuk memaksimalkan sensitivitas otak terhadap leptin, tidurlah yang cukup dan perbanyak asupan antioksidan dengan mengonsumsi buah beri (stroberi, blueberry, ceri, anggur) serta sayuran hijau dan merah.

3. Kortisol

Hormon yang satu ini bertanggung jawab atas pemicu stres yang dialami tubuh. Seperti diketahui, stres bisa memicu peningkatan berat badan. Untuk mengurangi kadar hormon cortisol, cobalah berolahraga secara teratur agar berat badan juga bisa dikontrol.(fny/jpnn)