Heriyandi Roni, Penjabat Bupati Bengkulu Tengah, Aslinya dari Provinsi Tetangga

Dr. Heriyandi Roni, M.Si

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Mendagri sudah menunjuk nama sebagai Penjabat Bupati Bengkulu Tengah yang akan bertugas selama 1 tahun kedepan sampai ada kepala daerah Benteng defenitif.

Penjabat yang ditunjuk itu adalah Dr. Heriyandi Roni, M.Si merupakan Kepala Pusat Fasilitas Kerjasama Sekretariat Kemendagri dan akan menjabat sebagai Penjabat Bupati Benteng selama 1 (satu) tahun sejak dilantik sesuai isi Petikan Keputusan Kemendagri.

Petikan Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 131.17-1224 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Bengkulu Tengah pada tanggal 13 Mei 2022.

BACA JUGA Pelantikan Penjabat Bupati Benteng Digelar Malam Hari

Siapa sebenarnya Heriyandi Roni ini? Berdasarkan penelusuran bengkuluekspress.com, Heriyandi Roni ternyata berasal dari Pulau Sumatera yaitu Provinsi Jambi.

Sebelum menjabat  Kepala Pusat Fasilitas Kerjasama Sekretariat Kemendagri, Heriyandi pernah menjabat Karo Pemerintahan Pemprov Jambi. Selain itu juga, dia pernaha menjabat sebagai Kabid di Bappeda Provinsi Jambi.

Di sisi lain, menanggapi tidak terpilihnya tiga nama yang diusulkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai Penjabat Bupati Benteng, pihak Pemprov menerimanya, karena itu kewenangan Mendagri.

“Itu memang kewenangan Menteri Dalam Negeri, Gubernur hanya mengusulkan. Jadi Siapapun itu ya memang kewenangannya,” ujar Khairil Anwar selaku Asisten 1 Pemprov Bengkulu, Senin (23/5).

Khairil menambahkan penunjukan langsung oleh Mendagri, telah melalui berbagai pertimbangan-pertimbangan setelah Mendagri berkonsultasi dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Sesuai dengan yang aturannya biasanya kita mengusulkan 3 (orang), tapi memang PP pengangkatan dan penunjukan (Bupati Benteng) itu Menteri Dalam Negeri setelah berkonsultasi ke Presiden dengan pertimbangan-pertimbangan,” tutup Khairil.(CW3/SUARY)