Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan BCA

JAKARTA, BE – Masyarakat diingatkan untuk berhati-hati dan waspada. Karena, belakangan ini marak terjadi penipuan mengatasnamakan Bank BCA, terutama telepon darinomor palsu seperti + 6221-1500888 / 021-500888, dan sebagainya. Para penipu bisa menggunakan aplikasi Fake Caller!

”Penipuan ini bisa dihindarkan dengan tiga cara,” ujar Executive Vice President Secretariat & Corparate Commnucation BCA, Hera F. Haryn kepada Bengkulu Ekspress melalui pers release.

Berikut ini langkah menghindari penipuan tersebut. Pertama, jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meskipun terlihat mirip dengan nomor resmi call centre. Sebaiknya masyarakat, terutama nasbah BCA tidak menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di handphone, sehingga bisa melihat nomor telepon yang masuk apakah benar nomor resmi Halo BCA1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021 atau apapun.

Kedua, jika mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal lalu penelepon memberikan informasi adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit/rekening/mobile banking milik Anda, tetap tenang dan jangan panik.

”Kalau Anda melayani, maka kartu kredit, debit/ATM, dan tabungan Anda bisa jebol. Jadi, segera matikan telepon tersebut,” warningnya.

Sekali lagi disampaikan, BCA tidak pernah meminta data seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV Kartu Kredit, OTP dan data pribadi lainnya, karena hal itu data rahasia pribadi nasabah #DatamuRahasiamu!

Ketiga, jika menemukan aktivitas mencurigakan seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi Halo BCA di 1500888; Twitter @HaloBCA; Email: halobca@bca.co.id; atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.

”Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat dan sekitar untuk tidak mudah tertipu olehpara penipu dengan menjalankan 3 cara di atas. Dengan begitu, teman-teman telah menjadi agent of change pencetak Generasi #AntiModus!,” tutupnya. (Rls)