Harga Sawit Melambung, Petani di Mukomuko Makin Gembira


Budi/BE
Petani sawit semakin gembira harga buah sawit naik

MUKOMUKO, BE – Petani pekebun sawit di Kabupaten Mukomuko semakin gembira. Pasalnya harga buah sawit yang dijual terus melambung tinggi disejumlah pabrik CPO di daerah ini. PT Sapta membeli dengan harga Rp 2.350/kg, PT KSM Rp 2.430, PT MMIL Rp 2.430, PT SSS Rp 2.420, PT SAP Rp 2.410, PT KAS Rp 2.360, PT DDP Rp 2.440, PT USM Rp 2.520, PT BMK Rp 2.480 dan PT GGS sebesar Rp 2.460/kg.
Petani Sawit Kota Mukomuko, Musruhin dikonfirmasi BE mengaku gembira terus naiknya harga buah sawit. Meski ia menjual melalui toke harga yang dibeli lumayan tinggi.
“Saat ini saya menjual buah sawit melalui toke Rp 2.250/kg,” akunya.
Ia berharap harga tersebut terus naik. Ia juga meminta kepada pemerintah melalui dinas terkaia untuk melakukan pengawasan. Termasuk dalam pengawasan penjualan pupuk. “Penjualan pupuk diawasi. Karena sejak naikanya harga buah sawit pupuk juga ikut naik. Kami khawatirkan ada dugaan permainan dan merugikan petani sawit,”ungkpanya.
Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan, Sudiyanto menyampaikan harga sawit di pabrik Kabupaten Mukomuko mengalami kenaikan. Saat ini rata-rata harga Rp 2.400 per Kg. Bahkan di satu pabrik sudah Rp 2.520 per Kg.
“Harga tbs kelapa sawit naik Rp 40 – 80/kg di banding harga tiga hari lalu. Harga itu jika petani menjual ke pabrik, jika melalui toke harga yang diterima lebih rendah,” ungkapnya. (900)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*