Halid Mundur dari Pencalonan Bawaslu Provinsi, 55 Orang Lolos Seleksi Administrasi

Foto IST/Suary : Tim Sekretariat Seleksi Bawaslu Provinsi Bengkulu saat menerima pendaftaran berkas peserta

Bengkulu bengkuluekspress.com – Dari 57 peserta yang memasukan berkas, dinyatakan 55 orang peserta calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu dinyatakan lolos seleksi berkas atau administrasi oleh tim seleksi.

Hal tersebut berdasarkan hasil penetapan pleno yang berlangsung Selasa (12/7) malam pukul 20.00 WIB, setelah sebeumnya dilakukan verifikasi berkas dan verifikasi faktual.

Dari 57 orang pendaftar tersebut, 1 orang pendaftar atas nama Halid Saifullah yang melakukan penarikan berkas 2 hari sebelum dilakukannya pleno oleh tim seleksi.

Penarikkan berkas tersebut dikarenakan pendaftar tersebut masih menjabat sebagai Ketua Bawaslu pengganti sejak April yang lalu dan akan berakhir tahun 2023. Sedangkan 1 lagi pendaftar gugur yang berasal dari Kabupaten Mukomuko karena tidak adanya izin dari PPK atau Bupati.

“Terdapat dua orang yang tidak bisa melanjutkan proses, yang pertama atas nama Halid Saifullah yang menarik berkas karena masih menjabat Ketua Bawaslu Provinsi, sedangkan yang kedua adalah salah satu ASN dari lingkungan Kabupaten Mukomuko yang belum mendapatkan izin dari PPK,” ungkap Juru Bicara Tim Seleksi Dr. M.Yamani, S.H., M.Hum., Saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Rabu (13/7).

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas tersebut akan mengikuti tahapan selanjutnya tes Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilakukan hari senin nanti tanggal 18 Juli yang berlokasi di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bengkulu.

Sedangkan untuk tes psikologi bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang akan dilakukan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Bengkulu pada tanggal 20 Juli.

“Untuk tahapan selanjutnya CAT akan dilakukan hari Senin nanti berlokasi di BKN bengkulu, untuk psikotes akan dilakukan tanggal 20 Juli yang kerjasama dengan Polri berlokasi di Mapolda Bengkulu,” jelas Yamani.

Dari hasil tes CAT dan Psikotes nantinya akan dilakukan penyaringan untuk diambil 12 orang dengan nilai tertinggi untuk bisa mengikuti tes wawancara.

“Setelah itu akan dilakukan seleksi sebanyak 12 orang dengan nilai terbaik akan mengikuti wawancara,” tutup Yamani.

Sementara itu, Halis Saifullah yang saat ini menjabat Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu ketika dikonfirmasi mengakui sudah menarik berkas pendaftaran sebagai calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu tanggal 11 Juli lalu. Dia mengatakan, penarikan berkas dilakukan karena ingin menjaga tertib diri dan tertib kelembagaan Bawaslu dan pertimbangan lainnya.

“Untuk menjaga tata tertib diri dan tertib kelembagaan, dengan ini saya mengajukan permohonan pengunduruan diri dari pencalonan anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu dan penarikan berkas saya sebagai calon anggota Bawaslu tahun 2022,” ujar mantan Ketua KPU Rejang Lebong 2 periode ini.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*