Dukung Ketahan Pangan, Kodim 0423/BU Manfaatkan 10 Hektar Lahan Tidur

ARGA MAKMUR, bengkulu ekspress.com – Kodim 0423/Bengkulu Utara (BU), Korem 041/Gamas Provinsi Bengkulu sungguh-sungguh mengelola dan memberdayakan lahan pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan. Salah satu fokusnya adalah pemanfaatan lahan tidur untuk ditanami aneka jenis tanaman pangan seperti jagung, dan umbi-umbian.

Dandim 0423/BU Letkol Inf Made Mahardika SH MIP mengatakan bahwa program ini dilakukan sesuai perintah Pangdam II/Swj terhadap lahan tidur di Satuan jajaran yang akan dimanfaatkan untuk ketahanan. Pangan di daerah dalam upaya untuk mempertahankan ketersediaan bahan pangan maka dari itu pihaknya melaksanakan program ketahanan pangan ini

“Ya, program ini berdasarakan perintah langsung dari Pangdam II/Swj untuk memanfaatkan lahan tidur masyarakat untuk dapat dikelola dalam upaya mempertahankan ketersedian bahan pangan,” kata Dandim.

Ditambahkannya, bahwa luas lahan tidur yang akan digunakan untuk ketahanan pangan berjumlah 10 hektare dengan rincian Kodim 0423/BU seluas 1/2 hektare, Koramil 423-01/Ketahun 1 hektare, Koramil 423-02/Arga Makmur 0,7 hektare, Koramil 423-05/Kerkap 1,8 hektare dan Koramil 423-06/Enggano 6 hektare.

“Untuk luasan kita ada seluas 10 hektare yang merupakan lahan milik warga yang akan dimanfaatkan dalam program ini,” terangnya.

Lebih lanjut, Dandim menuturkan, bahwa pemanfaatan lahan tidur nantinya untuk dapat sebagai persediaan untuk mendukung ketahanan pangan. Selain itu, dengan memanfaatkan lahan tersebut tentunya akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat serta memajukan ketahanan pangan diwilayah Kodim 0423/BU.

“Kita harap dengan adanya program ini dapat untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat nantinya,” tandasnya.(127)