Dukcapil Permudah Adminduk Disabilitas

Ist/ Kadis Dukcapil Kota Bengkulu memberikan adminduk anak disabilitas

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil melakukan upaya jemput bola dalam penyelesaian urusan adminduk bagi penyandang disabilitas. Disdukcapil Kota Bengkulu memberikan pelayanan kepada kaum disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB). Disdukcapil juga berencana menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) para disabilitas di SLB.

Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo menjelaskan pihaknya juga akan merubah status anak sesuai dengan jenis disabilitasnya pada sistem di Dukcapil. Hal itu tentu memudahkan para orang tua murid penyandang disabilitas karena sudah tak perlu repot membawa anak untuk melakukan perekaman.

“Kita juga akan menerbitkan KIA nya, karena kita kan di dalam pelayanan administrasi tidak boleh diskriminatif, karena semua sama, harus kita layani. Jadi, kita upayakan untuk disabilitas di Kota Bengkulu didatangi melalui mobil dukling. Tujuannya tak lain ialah ingin memastikan bahwa warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama terkait pemenuhan dokumen adminduknya,” kata Kadis Dukcapil Widodo, Kamis (19/05).

Nantinya pada KIA tersebut dimasukan data penyandang disabilitas sesuai dengan jenis disabilitas yang dialami anak. Seperti tunanetra, tunarungu, disabilitas secara fisik dan jenis lainnya. Mengingat data kependudukan ini memegang peranan penting bagi kepengurusan seperti kepengurusan BPJS, bansos dan lainnya.

“Data kependudukan ini penting karena untuk kepengurusan BPJS dan lain-lain seperti itu akan membutuhkan data seperti KK. Jadi kita lakukan upaya jemput bola agar mereka anak penyandang disabilitas ini juga merasakan kehadiran pemerintah dalam memudahkan urusan adminduk,” tutup Widodo. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*