Dua Atlet KPOTI BS Ikut Potradnas di Bangka Belitung

LATIHAN: Salah satu altet KPOTI dari BS saat menggelar latihan sebelum mengikuti Potradnas.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com РJika saat ini Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 resmi diselenggarakan pada Sabtu (2/10) hingga 15 Oktober mendatang. Setelah PON tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) juga tengah menyiapkan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS).  Potradnas ini akan digelar pada 21-24 Oktober mendatang di Bangka Belitung. Dalam Potradnas ini, ada kebanggaan tersendiri bagi Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya ada dua atlet dari BS yang akan ikut bertanding.

“Pada Potradnas, kita mengirimkan dua atlet,” kata Ketua KPOTI Bengkulu Selatan, Santono MPd.

Dikatakan Santono, dalam Potradnas para atlet akan mempertandingkan permainan olahraga tradisional yakni, egrang, sumpitan, lari balok, ketapel, dan panahan tradisional. Pada ajang bergengsi ini sebanyak dua atlet KPOTI BS turut serta mewakili Provinsi Bengkulu. Adapun kedua atlet BS tersebut yakni Adelia Meiliani Zosti siswi SMAN 2 BS. Adelia Meiliani Zosti akan nengikuti pertandingan untuk cabang lari balok. Kemudian Sentia Dwi Kurnia Alumni SMAN 2 BS. Sentia Dwi Kurnia akan mengikuti pertandingan untuk cabang Sumpitan.

“Terpilihnya kedua atlet BS tersebut hasil seleksi beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dijelaskan Santono, KPOTI BS sangat mendukung olahrga tradisional dan permainan rakyat ini, agar lebih dikenal oleh generasi sekarang. Diakui saat ini, keberadaan olahraga tradisional tersebut sudah mulai punah dan ditinggalkan anak-anak sekarang. Sebab anak-anak lebih banyak memilih untuk bermain gadget, ketimbang permainan ini. Padahal sangat menarik. Sehingga dirinya berharap kedua perwakilan BS tersebut dapat menorehkan prestasi terbaik dan bisa mengharumkan nama BS di tingkat Nasional.

“Training center akan dilaksanakan pada 10 sampai 12 Oktober nanti di Bengkulu, mohon doanya agar mereka bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” harap Santono. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*