DPRD Kaur Dorong Penyelesaian Pilkades Jawi

HEARING:DPRD Kaur bersama pihak terkait saat menggelar hearing terkait sengketa Pilkades Jawi Kecamatan Kinal diruang Komisi 1 DPRD Kaur.

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaur merekomendasikan agar Pemkab Kaur mengambil keputusan cepat terkait dengan sengketa Pilkades Jawi Kecamatan Kinal yang hingga kini belum ada kades terpilih dilantik. DPRD juga menekankan upaya hukum luar biasa atau peninjauan kembali putusan tidak boleh di jalan alasan lantaran putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Medan sudah inkracht.

Rekomendasi ini disampaikan Komisi I DPRD Kaur usai menggelar jejak pendapat dengan sejumlah pihak terkait Senin (20/6) di ruang Komisi I yang juga menghadirkan pihak kuasa hukum Cakades yang menang gugatan di PTUN Medan serta Cakades yang bersangkutan. Dalam kesempatan itu DPRD Kaur juga menghadirkan pihak pihak berkompeten mulia dari Kepala DPMD Kaur, Kabag Hukum dan juga panitia pilkades di Desa Jawi.

“Tadi sudah kita tuangkan dalam rekomendasi kita minta Pemkab Kaur secepatnya mengambil langkah terkait dengan sengketa Pilkades Jawi ini,” kata Ketua Komisi I DPRD Kaur Deny Setiawan SH usai memimpin rapat, beberapa waktu lalu.

Kepala DPMD Kaur Asdiarman mengatakan, sampai kemarin pihaknya belum menerima SK dari panitia Pilkades tingkat desa terkait siapa pemenang Pilkades pasca putusan PTTUN Medan. Pihaknya juga mengaku belum menerima tembusan secara resmi terkait dengan putusan. Sebelumnya pihaknya sudah berupaya memanggil kedua belah pihak.

“Berkasnya belum kami terima, padahal berkas itu akan kami jadikan bahan untuk menghadap pimpinan,”ucapnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kaur Dasrul Imran SH MH juga menegaskan pihaknya masih menunggu SK dari panitia Pilkades ,sebab menurutnya yang menjadi tergugat itu bukan Pemkab Kaur namun panitia Pilkades tingkat desa. Terlebih hasil perhitungan suara panitia pertama dan kedua juga berbeda.

“Hingga saat ini Pemkab Kaur belum melakukan langkah langkah lanjutan dan kita masih menunggu,”jelasnya.(Irul/Prw)