DPRD Bakal Datangi Pemkot Bengkulu

TAIS, BE – Sampai saat ini, Kabupaten Seluma belum mendapatkan kontribusi dari PDAM Kota Bengkulu, yang mengambil air dari Sungai Nelas Kecamatan Sukaraja,
untuk pemenuhan air bersih masyarakat Kota Bengkulu. Akibat kondisi itu, DPRD Seluma  menyurati Pemerintah Kota Bengkulu dan PDAM Kota, untuk mempertanyakan perihal itu. “Sejauh ini belum ada imbal balik dari Pemkot ataupun PDAM kota soal pengambilan sumber daya alam (SDA) daerah ini,” kata Ketua DPRD Seluma, Husni Thamrin SH MH.
Semestinya pemanfaatan SDA oleh pihak lain, bisa memberikan kontribusi bagi daerah.
Khususnya dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). PDAM Kota Bengkulu, bisa membagi hasil dari penjualan air bersih kepada warga Kota Bengkulu.
“Kontribusi PDAM Kota Bengkulu untuk daerah ini apa? Mereka hanya mengambil air bersih daerah ini untuk kepentingan mereka saja. Kondisi ini harus ditindak lanjuti Pemkab Seluma dengan mempersiapkan MOU kedua belah pihak,” tegasnya.
Menindak lanjuti hal tersebut juga, direncanakan DPRD bersama Pemkab Seluma, mendatangi Pemkot Bengkulu dan PDAM Kota. Hal ini dilakukan untuk melakukan pembahasan. Namun jika tidak menemukan jalan keluar, akan dilakukan penyegelan dan menutup aliran air Sungai Nelas. Serta tidak diperkenankan dikelola lagi oleh PDAM Kota Bengkulu. “Kita melakukan hal ini tidak lain untuk meningkatkan PAD dan warga juga menerima hasil dari peningkatan PAD ini dengan pembangunan,” tukasnya. (333)